-->

Petrus Fatlolon Harapkan UMKM dan Koperasi Tingkatkan Kemitraan Usaha

Petrus Fatlolon Harapkan UMKM dan Koperasi Tingkatkan Kemitraan Usaha


Petrus Fatlolon Harapkan UMKM dan Koperasi Tingkatkan Kemitraan Usaha

Posted: 18 Jul 2018 09:00 AM PDT

Petrus Fatlolon Harapkan UMKM dan Koperasi Tingkatkan Kemitraan UsahaOLILIT, LELEMUKU.COM - Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon , SH., MH  mengatakan mengharapkan adanya upaya pendidikan dan pelatihan manajemen oleh Pemerintah Daerah (Pemda) MTB dapat memberikan fasilitas peningkatan kemitraan usaha bagi UMKM dan Koperasi yang ada di Kepulauan Tanimbar.

"Melalui pelatihan ini ada peningkatan pemahaman tentang pengelolaan koperas agar koperasi semakin meningkatkan pelayanan kepada anggota untuk memacu kegiatan ekonomi anggotanya sehingga tercipta koperasi yang handal, profesional dan mandiri," ujar Bupati dalam sambutannya yang yang dibacakan oleh Asisten II Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kemasyarakatan dr. Edwin Tomasoa pada Rabu (18/7).

Dikatakan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi dan Peningkatan Kemitraan Usaha Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Koperasi tahun 2018 di Kepulauan Tanimbar oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Transmigrasi MTB ini merupakan  salah satu upaya pemerintah mendorong kemitraan usaha tersebut.

"Sejalan dengan prioritas pembangunan Kabupaten MTB dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan yang terkait dengan peningkatakn dan pengembangan sumber daya manusia, salah satunya adalah sebagaimana yang hari ini kita laksanakan," ujar dia.

Ia menegaskan koperasi sebaga salah satu lembaga ekonomi yang menggerakan demokrasi ekonomi dapat diharapkan melalui usaha koperasi yang mengutamakan kepentingan bersama, dapat meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat .

"Untuk itu koperasi harus mampu berperan sebagai penyeimbang dalam kegiatan ekonomi rakyat dengan meningkatkan kualitas kehidupan berkoperasi," papar dia.

Dikatakan, sebagai penyeimbang kekuatan ekonomi , koperasi berperan dalam mendorong munculnya ekonomi biaya rendah. Dengan cara menjalinkerjasama antar koperasi yang saling menguntungkan untuk memacu peningkatan usaha ekonomi anggotanya dan membangun sistem manajemen yang baik serta memperhatikan setiap perubahan yang terjadi di sekitarnya.

"Sehingga mampu menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat, terutama yang datangnya dari kekuatan usaha yang lebih besar dan mendominasi dalam pasar dan harga," papar Fatlolon.

Ia menegaskan peningkatan ekonomi saat ini telah mengalami perubahan yang sangat cepat dan mengarah pada pemantapan bentuk ekonomi pasar yang terbuka atau liberalisasi perdagangan bebas.

"Berkaitan dengan hal itu  persoalan yang akan dihadapi bangsa indonesia termasuk kita yang berada di MTB adalah bagaimana produk dan kegiatan pelaku ekonomi kita memiliki kemampuan daya saing dalam pasar regional maupun global,"  ungkap dia.

Sembari menegaskan bahwa salah satu strategi untuk mewujudkan kemandirian sebagai sikap dan budaya SDM pelaku ekonomi tersebut adalah melalui pengembangan usaha, kemantapan sikap, perilaku kewirausahaan, penguatan modal dan kemampuan dalam penguasaan teknologi.

"Perkembangan UMKM dan Koperasi memiliki potensi besar untuk meningkatan taraf hidup masyarakat yang ditunjukkan melalui keberadaan UMKM dan koperasi yang mencerminkan wujudnya kehidupan sosial dan ekonomi rakyat Indonesia," tegas dia. 

Fatlolon menandaskan bahwa penyelanggaraan pelatihan dan peningkatan kemitraan ini dapat terbina dan terus terjaga hingga berkelanjutan di waktu mendatang. (LauraSobuber)

Pemkab Siap Tingkatkan Pengetahuan Manajerial Koperasi dan UMKM

Posted: 18 Jul 2018 08:36 AM PDT

Pemkab Siap Tingkatkan Pengetahuan Manajerial Koperasi dan UMKMOLILIT, LELEMUKU.COM -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Transmigrasi (Dinas KUKM) siap tingkatkan pengetahuan dan kemampuan manajerial pengelolaan usaha bagi pengelola Koperasi dan UMKM.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi dan Peningkatan Kemitraan Usaha Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi di Kepulauan Tanimbar,  Anwar Tempore hal ini terlihat dengan pelatihan yang sedang dilakukan pihaknya.

"Maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan manajerial pengelolaan usaha bagi para pengelola koperasi dan KUD, serta UMKM," ujarnya  pada Rabu (18/7).

Ia kemudian menjelaskan bahwa pelatihan ini meningkatkan pemahaman pengurus tentang prinsip-prinsip koperasi dan kemampuan usaha koperasi dan umkm secara professional.

"Meningkatkan pengetahuan penyusuanan laporan keuangan bagi pengurus koperasi dan membuka peluang kemitraan bagi koperasi dan umkm untuk memperoleh informasi, serta system pemasaran produk dalam pengembangan usaha," jelas dia.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, yaitu dari Rabu (18/7) hingga Jumat (20/7), yang bertempat di Aula Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Imakulata Saumlaki Jalan Sr. Makari Olilit Barat, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel).

Peserta kegiatan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi dan Peningkatan Kemitraan Usaha Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi masing- masing berjumlah 60 orang dari perwakilan koperasi dan UMKM di 10 Kecamatan di MTB.

Kegiatan ini berdasar pada Undang-Undang (UU) RI nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian, UU RI no 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Peraturan Pemerintah (PP) nomor 44 tahun 1997 tentang Kemitraan, Peraturan Daerah (Perda) no 5 tahun 2007 tanggal 30 Desember 2016 tentang Penetapan ANggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 20017, Peraturan Kepala Daerah no 74 tahun 2016 tanggal 30 Desember 2016 tentang Penjabaran APBD Kabupaten Maluku Tenggara Barat tahun Anggaran 2017 dan DPA SKPD Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Transmigrasi. (Laura Sobuber)

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Raja Ampat Kukuhkan Badan Pengurus Baru

Posted: 18 Jul 2018 08:26 AM PDT

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Raja Ampat Kukuhkan Badan Pengurus BaruWAISAI, LELEMUKU.COM - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mengukuhkan Badan Pengurus Baru Pergantian Antara Waktu (PAW) 2014-2019 yang berlangsung di Aula BKD Kabupaten Raja Ampat, Selasa, (17/7).

Pengukuhan  ini dihadiri Perwakilan Badan Pengurus DWP Propinsi Papua Barat,  Forkompimda Raja Ampat, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Raja Ampat, Ketua Persik dan jajarannya, Ketua Bhayangkari dan anggotanya, tokoh perempuan, tokoh agama, tokoh agama, para pengurus dan anggota DWP Kabupaten Raja Ampat.

Pengukuhan Badan Pengurus DWP Kabupaten Raja Ampat pergantian antar waktu ini ditandai juga dengan serah terima jabatan dari Ketua DWP lama Ny. Fransisca Wanma kepada Ketua DWP baru Ny. Trilasmi Salim yang disaksikan oleh tamu undangan.

Ketua DWP Raja Ampat Masa Bakti 2014-2019, Ny. Tri Lasmi Salim dalam sambutannya menyampaikan terimaksih Badan pengurus lama atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam mengembangkan organisasi DWP Kabupaten Raja Ampat.

"Terima kasih dan penghargaan kepada pengurus lama yang telah berdedikasi dalam mengembangkan DWP Raja Ampat," ujar Trilasmi Salim.

Sebagai pengurus baru diberi mandat untuk memimpin DWP Raja Ampat, Ny. Trilasmi Salim bertekad untuk melanjutkan progrma kerja yang ada dan membuka diri berbagai masukan demi perkembangan DWP Raja Ampat.

"Saya bertekad untuk terus belajar dan kami yakin bahwa atas dukungan bimbingan bupati dan ibu ketua tim penggerak PKK sebagai dewan pembina dharm wanita dan juga petunjuk dari DWP propinsi papua barat semua kan berjalan dengan baik," ujar Ny.Trilasmi Salim.

"Saya tidak memberikan janji-janji atau harapan, namun saya akan lebih banyak  mendengar masukan, arahan, dam bimbingan, dengan satu tekad harus bisa," tekad Ny. Trilasmi Salim.

Kepada pengurus baru dan seluruh isteri Pegawai Negeri di Lingkup Pemda Raja Ampat, Ny. Trilasmi Salim menghimbau untuk berperan aktif dalam kegiatan DWP dengan penuh kekompakan, keja sama dan saling menghargai satu sama lain.

"Tidak ada perbedaan antara istri pejabat dan istri staf, kita harus berbaur menjadi satu wadah yaitu dharma wanita persatuan maka semua program akan kita laksanakan," ujarnya Ny. Trilasmi Salim.

Dijelaskannya semua program kerja yang telah disusun oleh pengurus  lama akan menjadi amanah bagi pengurus baru dan akan melanjutkan amanah ini walaupun akan ada review kembali. 

"Kepada bapak-bapak sebagai aparatur negri sipil agar dapat memberikan kepercayaan da kesempatan kepada ibu-ibu untuk bergabung dalam oganisasi DWP, karena melalui organiaasi ini  akan mampu membuka cakrawala berpikir yang tentunya berdampak positif terhadap positif terhadap tugas dan tanggung jawab suami sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, akan bermuara pada kesejahteraan keluarga," ujar Ny. Trilasmi mengakhiri sambutannya. (DiskominfoRajaAmpat)

Edwin Tomasoa Buka Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi dan UMKM di Tanimbar

Posted: 18 Jul 2018 08:05 AM PDT

Edwin Tomasoa Buka Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi dan UMKM di TanimbarOLILIT, LELEMUKU.COM – Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Transmigrasi Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi dan Peningkatan Kemitraan Usaha Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi di Kepulauan Tanimbar, pada Rabu (18/7).

Dalam Sambutan Bupati Petrus Fatlolon, SH., MH yang dibacakan oleh Asisten II Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kemasyarakatan dr. Edwin Tomasoa mengatakan koperasi merupakan salah satu lembaga ekonomi yang dapat menggerakkan demokrasi ekonomi. Usaha koperasi dapat meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi, yang berdampak pula pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Koperasi harus mampu berperan sebagai penyeimbang kekuatan ekonomi biaya rendah, dengan cara menjalin kerjasama antar koperasi yang saling menguntungkan untuk memacu peningkatan usaha ekonomi anggotanya dan membangun sistem manajeman yang baik serta mendominasi dalam pasar dan harga," kata dia.

Ia mengutarakan untuk mengatasi tantangan dan permasalahan kualitas sumber daya pengelolahan koperasi serta umkm diperlukan upaya-upaya secara terus-menerus dan berkelanjutan melalui pendidikan dan pelatihan yang bersifat teknis termasuk kemampuan manajemen pengelolaan usaha dan kemampuan membuat serta menyusun neraca serta laporan keuangan koperasi serta memfasilitasi peningkatan kemitraan kepada pengelolaan koperasi dan UMKM.

"Masalah klasis yang selalu muncul dalam rangka pemberdayaan koperasi dan umkm adalah masalah peningkatan SDM yang umumnya disebabkan keterbatasan akses pendidikan dan pelatihan diperlukan adanya kerjasama antara koperasi dan UMKM dengan lembaga lainnya atau badan usaha lainnya," urai Bupati Fatlolon.

Ia pun berharap melalui pelatihan tersebut bisa adanya pemahaman tentang pengelolaan koperasi agar koperasi semakin meningkatkan pelayanan kepada anggota untuk memacu kegiatan ekonomi anggotanya sehingga tercipta koperasi yang handal, professional dan mandiri serta dapat memberikan fasilitas peningkatan kemitraan usaha bagi umkm dan koperasi.

"Bagi seluruh peserta kegiatan ini agar dapat mengikuti materi yang disampaikan oleh narasumber dengan baik, sehingga hasil yang akan diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan ini dapat dilaksanakan pada koperasi dan umkm masing-masing," harap orang nomor satu di Kepulauan Tanimbar ini.

Sementara itu dalam Laporannya, Ketua Panitia Penyelenggara,  Anwar Tempore menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan manajerial pengelolaan usaha bagi para pengelola koperasi/KUD, meningkatkan pemahaman pengurus tentang prinsip-prinsip koperasi dan kemampuan usaha koperasi dan umkm secara professional.

"Meningkatkan pengetahuan penyusuanan laporan keuangan bagi pengurus koperasi dan membuka peluang kemitraan bagi koperasi dan umkm untuk memperoleh informasi, serta system pemasaran produk dalam pengembangan usaha," jelas dia.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, yaitu dari Rabu (18/7) hingga Jumat (20/7), yang bertempat di Aula Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Imakulata Saumlaki Jalan Sr. Makari Olilit Barat, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel).

Peserta kegiatan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi dan Peningkatan Kemitraan Usaha Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi masing- masing berjumlah 60 orang dari perwakilan koperasi dan umkm di sepuluh Kecamatan di MTB.

Pemateri dalam ke-dua kegiatan tersebut diantaranya Ausgteintje Sahertian, SE., M.Si, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Transmigrasi Mesakh Rahandekut, S.Pd., MPd, Sekretaris Dinas Koperasi, UKM dan Transmigrasi Karla Maturbongs, Bidang UMKM Dinas Koperasi UKM dan Transmigrasi, Bank BRI Unit Saumlaki, CV. Hati Amboina Saumlaki. (Laura Sobuber)

Diskominfo SBB Pasang Jaringan Wifi di Kantor Pemerintahan

Posted: 18 Jul 2018 02:30 AM PDT

Diskominfo SBB Pasang Jaringan Wifi di Kantor PemerintahanPIRU, LELEMUKU.COM - Guna memperluas akses dalam jaringan internet, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku memasang jaringan wifi di kantor Pemerintahan, Rabu (11/7).

Ada 7 titik dipasang jaringan wifi yakni Ruang Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah (sekda), ruang BPKAD, Unit Layanan Pengadaan (ULP), Ruang LPSE dan Ruang BAPEDDA.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Peking Caling, SH  dalam wawancaranya dengan media ini yang ditemui dikantornya, Selasa (14/7).

Kepala Dinas Kominfo SBB mengatakan, berdasarkan penerapan program e-planing dan e-budgeting dalam rangka pelaksanaan tata kelolah pemerintahan secara elektronik (e-governance) di tahun 2018 ini, maka pihaknya menyedikan anggaran untuk membangun instalasi jaringan internet di kantor-kantor pemerintahan.

Dikatakannya, penggunaan anggaran ini untuk pembayaran sewa bandwich (kuota jaringan internet) dan juga pengadaan perangkat untuk mendukung instalasi jaringan internet itu.

"Hal ini merupakan langkah strategis yang diambil oleh Pemerintah Daerah, dalam hal ini Diskominfo SBB yang merupakan leeding sector kegiatan informasi dan komunikasi daerah, sehingga kendala akses internet  dalam menjalankan pemerintahan e-governance akan teratasi dengan adanya pemasangan jaringan internet ini,"tambah beliau.

"Pembangunan jaringan wifi ini akan dipasang di seluruh Organisasi Perangkat Daerah tetapi saat ini baru 7 titik yang sudah terhubung dengan jaringan internet itu, Hal ini didasari karena ketersediaan anggaran, sehingga untuk sementara pemasangan jaringan internet difokuskan pada 7 titik," ungkapnya.

Ia menjelaskan, selama ini pemerintah daerah seringkali terhambat untuk mengakses informasi dan menyampaikan informasi secara online, sehingga komunikasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat sering kali mengalami kendala. Hal ini disadari oleh beliau yakni karena kekurangan jaringan internet di daerah, sehingga berdampak pada kinerja pemerintah daerah.

Pihaknya akan berusaha untuk menambah lokasi untuk memasang jaringan internet, sehingga semua OPD, termasuk Pendopo Bupati dan wakil, serta kantor DPRD dapat terkoneksi jaringan internet, sehingga mempermudah tugas-tugas pemerintahan.

Ia memastikan dengan terpasangnya jaringan internet tersebut nantinya, semua OPD di lingkungan Pemkab SBB bisa melaksanakan penerapan sistem e-planning dan e-budgeting dalam mewujudkan e-governance.

Menurutnya sinyal wifi yang dipasang areanya sangat luas, contoh di kantor Pemerintahan (Kantor Bupati) areanya saja sampai di Dinas Pendidikan, sedangkan di sekitar Kantor Diskominfo areanya sampai di Disdukcapil. (DiskominfoSBB)

Aparat Gabungan Jaga Tanding Persipura Jayapura Lawan PSIS Semarang

Posted: 18 Jul 2018 02:00 AM PDT

Aparat Gabungan Jaga Tanding Persipura Jayapura Lawan PSIS SemarangJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Jelang laga ke-16 Gojek Liga 1, yang akan menyajikan pertandingan antara tim tuan rumah Persipura Jayapura melawan Tim Tamu PSIS Semarang di Stadion Mandala, Kota Jayapira, Provinsi Papua pada Rabu  (18/7) akan dijaga ketak aparat gabungan TNI/Polri.

Hal tersebut diungkapkan Kabag Ops Polres Jayapura Kota AKP Leonardo Yoga, SIK saat ditemui diruang kerjanya,  Selasa (17/7) siang, di Mapolres Jayapura Jayapura Kota.

Kata Kabag Ops, personil gabungan yang terlibat sebanyak 379 personil, antara lain dari Dalmas Polda Papua, Brimob Polda Papua TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Darat, serta Polres Jayapura Kota dan Polsek Jajaran.

"Untuk Polisi yang dilibatkan sebanyak 239, sementara sisanya 140 anggota gabungan dari Marinir dan Kodam dan Kodim 1701 Jayapura," terangya.

Lanjut Kabag Ops, selain menurunkan personil gabungan pihaknya juga menurunkan kendaraan Taktis, dimana kendaraan tersebut guna memback Up pengamanan personil bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebelum atau sesudah pertandingan.

"Untuk Taktis kami turunkan Baracudda, Watercannon, kendaraan pengawalan serta satu unit kapal C3 milik Direktorat Pol Air Polda Papua yang membackUp dari laut," tuturnya.

Sementara itu dirinya menerangkan untuk pola pengamanan sendiri seluruh personil yang terlibat akan di bagi dimasing-masing titik yang sudah ditentukan baik didalam maupun diluar lapangan.

Mantan Kasat Lantas Polres Jayapura yang juga pernah menjabat Kabag Ops Polres Sarmi ini pun menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat yang nantinya datang di Mandala untuk menyaksikan Tim Terbaik mereka bermain agar tertib dan tidak membawa alat tajam, Botol maupun kembang api juga benda-benda yang dapat mengganggu jalannya permainan.(HumasPoldaPapua)

Personel Kodim Ternate Ajar Anak-Anak di Hiri Mengaji Al-Quran

Posted: 18 Jul 2018 01:00 AM PDT

Personel Kodim Ternate Ajar Anak-Anak di Hiri Mengaji Al-QuranHIRI, LELEMUKU.COM - Ditengah pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 yang dilaksanakan di Kecamatan Pulau Hiri, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara yang saling berkejaran antara target pembangunan dengan keterbatasan waktu, ternyata masih ada Prajurit Satgas yang meluangkan waktu guna mencerdaskan generasi penerus dengan menjadi guru mengaji bagi anak-anak pada Selasa (17/7).

Adalah Sertu Lahamudin dan dan Praka Udin Wambes merupakan personel Kodim 1501/Ternate dan Yonif RK 732/Banau yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-102 dan tinggal di salah satu rumah warga di Desa Faudu Kec. P. Hiri, setiap hari keduanya sejak pagi hingga sore hari berjibaku dengan pekerjaan pembangunan fisik dalam TMMD.

Selepas jam kerja keduanya segera bergegas pulang ke rumah guna membersihkan diri serta telah menunggu sejumlah anak yang telah bersiap dihalaman rumah. 

Keduanya secara telaten mengajarkan mengaji Al-Quran kepada anak-anak sesuai dengan usia dan kemampuan dari mulai huruf Hijaiah, Iqra hingga hafalan surah-surah pendek. Anak-anak nampak antusias dan bersemangat sebab pembawaan kedua Prajurit yang mengajar dengan metode menyenangkan sehingga anak-anak dengan cepat beradaptasi.

Sementara itu dalam keterangannya Dansatgas TMMD 102 Letkol Kav Bambang Sugiyanta, S.H., M.M., M.Tr (Han) menyampaikan bahwa pihaknya mendukung apa yang dilakukan jajarannya terlebih kegiatan tersebut bermanfaat bagi masyarakat khususnya anak-anak kita, meskipun kegiatan tersebut tidak termasuk dalam Program TMMD namun inisiatif seperti itu kita apresiasi. (Penrem152)

Endro Satoto Kunjungi Kodim Tidore Kepulauan

Posted: 18 Jul 2018 12:00 AM PDT

Endro Satoto Kunjungi Kodim Tidore KepulauanTIDORE, LELEMUKU.COM - Komandan Korem (Danrem) 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, S.E., M.M. melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Kodim 1505/Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara dalam rangka memberikan pengarahan kepada Prajurit serta silaturahmi dengan sejumlah tokoh di Tidore Kepulauan, Selasa (17/7).

Danrem didampingi Ketua Persit KCK Koorcab rem 152 Ny. Diana Endro Satoto, Kasi Intel Rem Mayor Inf Ras Lambang Yudha, Dantim Intel Kapten Inf Andri beserta sejumlah pengurus Persit bertolak dari Pelabuhan Residen menuju Pelabuhan Rum Tidore dan dijemput oleh Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Yayat Priatna Prihatina beserta Perwira Staf. 

Rombongan kemudian bertolak menuju Makodim 1505/Tidore dan telah menunggu Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim, M.H., Kapolres Tikep AKBP Doly Heriyadi, S.Ik, M.Si, beserta Prajurit jajaran Kodim 1505/Tidore.

Danrem disambut dengan jajar kehormatan dan silaturahmi dengan Forkopimda Kota Tidore Kepulauan, kemudian acara dilanjutkan pengarahan Danrem 152/Babullah kepada Prajurit dalam kesempatan tersebut Danrem menekankan sejumlah atensi dan kebijakan untuk dipedomani oleh Prajurit. 

Setelah pengarahan kegiatan dilanjutkan acara ramah tamah di Kantor Walikota Tidore Kepulauan dan diakhiri dengan Silaturahmi ke Kedaton Kesultanan Tidore, rombongan disambut langsung oleh Sultan Tidore Bpk. Husain Sjah beserta perangkat adat Kesultanan Tidore.

Sementara itu ditempat terpisah Kapenrem 152/Bbl Kapten Inf Iriono menyampaikan bahwa kedatangan Danrem di wilayah Tidore dalam rangka kunjungan kerja sekaligus silaturahmi dengan Forkopimda dan Sultan Tidore sebagai bentuk hubungan yang baik dalam rangka menciptakan sinergitas dan kemanunggalan. (Penrem 152)

Yasin Payapo Buka Sosialisasi Pengelolaan Barang Milik Daerah di SBB

Posted: 17 Jul 2018 11:00 PM PDT

Yasin Payapo Buka Sosialisasi Pengelolaan Barang Milik Daerah di SBBPIRU, LELEMUKU.COm – Bupati Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku Drs. M.Yasin Payapo,M.Pd yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Mansur Tuharea,SH, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab SBB membuka dengan resmi Sosialisasi hasil pengelolaan barang milik daerah sesuai Permendagri nomor 19 Tahun 2016 bagi pengguna barang dan pengurus barang pada organisasi perangkat daerah lingkup pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat.

Sosialisasi Permendagri ini diperlukan untuk menginformasikan dan meningkatkan pemahaman aparatur pengelola barang milik daerah terhadap konsep inti dari Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah itu sendiri, sehingga diharapkan aparatur pengelola dapat menata aset Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat jauh lebih baik dan sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku guna mencapai opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK.

salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat saat ini adalah kurangnya kompetensi sumber daya manusia di bidang pengelolaan barang milik daerah yang terampil dan siap pakai dalam mewujudkan tertib Administrasi terhadap pengelolaan Barang Milik Daerah, sebagai salah satu kriteria penilaian BPK untuk meraih opini WTP. Sosialisasi ini diharapkan nantinya mampu memberikan kontribusi bagi Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat  dalam hal pengelolaan  Barang Milik Daerah, sehingga opini penilaian atas Laporan Keuangan  Pemerintah Daerah yang selama ini oleh BPK dengan tidak menyatakan pendapat (Desclimer) dapat diperbaiki, dan diharapkan agar ke depan harus memperoleh opini Wajar tanpa Pengecualian.

Bupati memintakan agar semua stakeholder bersama-sama berkomitmen untuk membangun Kabupaten Seram Bagian Barat sesuai misi Biking Bae SBB. "Mari kita benahi diri kita masing-masing untuk melakukan tugas kita untuk mengoptimalisasi seluruh proses demi kepentingan rakyat.  Kita harapkan secara bertahap rakyat SBB bisa sejahtera sesuai dengan harapan kita". (DiskominfoSBB)

Burhan Abdurahman Tinjau Lokasi Pembangunan Sporthall Ubo-Ubo dan Reklamasi Kalumata

Posted: 17 Jul 2018 11:00 PM PDT

Burhan Abdurahman Tinjau Lokasi Pembangunan Sporthall Ubo-Ubo dan Reklamasi KalumataTERNATE, LELEMUKU.COM - Wali Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Burhan Abdurahman didampingi Asiten I Setda kota Ternate Bahtiar Teng dan Staf Ahli Setda kota Ternate Arifin Umasangadji serta beberapa pejabat Pemkot Ternate lainya, Kamis (5/7), melakukan peninjauan langsung ke beberapa proyek pembangunan besar yang dikerjakan Pemerintah kota Ternate di tahun 2018.

Selain meninjau proyek pembangunan Sporthall di Kelurahan Ubo-Ubo, Wali Kota yang akrab disapa Haji Bur, juga meninjau pembangunan penataan kawasan atau reklamasi pantai di Kelurahan Kalumata.

Kepada sejumlah wartawan Wali Kota dua periode itu mengatakan, ada beberapa proyek pemerintah kota Ternate yang cukup besar ini dipastikan dapat memberikan manfaat yang cukup besar kepada masyarakat kota Ternate.

Haji Bur lalu mencontohkan pembangunan Sport Hall yang dibangun di kawasan selatan kota Ternate ini, baru ada di Maluku Utara sehingga menjadi salah satu kebanggaan bagi masyarakat lebih khusus para pencita olahraga di Malut khususya di kota Ternate.

"Hari ini saya dan beberapa Staf Ahli dan Asisten, turun ke lapangan untuk meninjau langsung beberapa program Pemkot Ternate yang cukup besar yakni pembangunan Sport Hall dan proyek penataan kawasan Kayu Merah-Kalumata, Alhamdulillah sesuai progress ada, maka pekerjaan sudah berjalan tinggal menyelesaikan sesuai dengan kontrak yang ditanda tangani oleh pengguna anggaran dengan pihak ketiga. Saya berharap tidak ada hambatan sehingga pekerjaan ini bisa berlanjut sesuai dengan batas waktu sudah ditetapkan di dalam kontrak tersebut", harapnya.

Menurut Haji Bur, pembangunan-pembangunan besar yang dibangun pemerintah kota Ternate ini sangat dibutuhkan masyarakat misalnya pembangunan sport hall ini menjadi salah satu kebanggaan bagi masyarakat kota Ternate terutama para pencinta olahraga karena semua cabang olahrag bisa memanfaatkan fasilitas yang dibangunan Pemkot Ternate.

"Sesuai kontrak pembangunan sport hall ini dipastikan tuntas pada Februari tahun 2019 harus selesai, ya tahun depan kota sudah bisa manfaatkan," tambahnya.

Bagitu juga dengan pembangunan penataan kawasan di Kalumata ini, juga akan dibuka sentra ekonomi yang baru sehingga punya dampak yang besar terhadap kesejahteraan karena dipastikan akan tumbuh sektor perdagangan, jasa dan lainya.

"Olehnya itu, saya minta kepada SKPD terkait dan pihak ketiga diberi kepercayaan melaksanakan pembangunam ini untuk bisa melaksanaan dengan mentaati aturan sesuai dengan petunjuk tehnis yang ada sehingga pekerjaan betul selesai dan berkualitas," harapnya.

Haji Bur menambahkan, pembangumam penataan kawasan di Kalumata ini masih membutuhkan penambahan anggaran karena pekerjaan penataan kawasan masih cukup panjang di bagian selatan dan timur yang masih dilanjutkan sehingga masih membutuhkan anggatan tambahan, sehingga tidak menutup kemungkin, Pemkot Ternate akan melibatkan para investor untuk menyuntik anggaran sehingga program Pemkot Ternate ini bisa berjalan sesuai target yang telah ditentukan.

"Saya melihat sepertinya masih ada penambahan anggaran lanjutan karena di kota Ternate sangat keterbatasan lahan jadi kita akan mempertimbangkan apakah kita membangunan dilokasi yang sudah ada atau kita menyelesaikan dulu lahan sampai tuntas karena di bagian selatan masih sangat jauh dan ke timur juga masih sangat jauh jadi harus tambah anggaran untuk penataan lanjutan," ungkapnya.

Berkaitan dengan penambahan anggaran, Pemkot kata Haji Bur, siap untuk bekerja sama dengan para investor dalam bentuk apapun sehingga pekerjaan ini bisa tuntas. "Untuk itu, saya nanti diskusikan berapa anggaran dibutuhkan kalau tambah maka harus kita tambahkan anggaran untuk penataan lanjutan dan kemungkinan juga kita akan menggandeng investor untuk memfasilitasi pembangunannya supaya lebih cepat karena kita bisa bikin kerja sama dengan investor kemudian investor membangun dengan cara lain, yang jelas secepatnya pembangunan kawasan Kalumata ini bisa rasakan manfaatnya oleh masyarakat," tutupnya. (DiskomsandiTernate)

Bawa Sajam Saat Ditertibkan, Polisi Amankan Pedagang Pasar Sentral Hamadi

Posted: 17 Jul 2018 10:00 PM PDT

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Seorang pria berinisial S (33) Tahun, warga Kompleks Hotel Asia Hamadi Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Provinsi Papua terpaksa harus berhadapan dengan hukum lantaran ketahuan memiliki senjata tajam (sajam) saat tim gabungan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jayapura, Satpol PP, dengan diback up personil Polres Jayapura Kota melakukan penertiban beberapa kios di Pasar Sentral Hamadi, Selasa (17/7) pagi.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Urbinas, S.H., S.IK melalui Kabag Ops AKP Leonardo Yoga, S.IK saat dikonfirmasi menyatakan, kios-kios yang ditertibkan itu dalam status bermasalah sehingga harus dilakukan pembersihan sesuai ketentuan hukum yang diatur dalam peraturan daerah Kota Jayapura.

"Saat menertibkan kios nomor 20 di pasar tersebut, pengelola kios dengan keluarganya bersikukuh menahan petugas di depan pintu sorong kiosnya, dan sempat terjadi perdebatan panjang di lokasi. Saat itulah Kasubag Humas Iptu Jahja Rumra melihat dua bilah badik diselipkan di pinggang S yang merupakan keluarga pemilik kios, lalu menahannya," Ungkap Kabag Ops.

S kemudian ditahan dan saat ini dilakukan pemeriksaan mendalam di Satuan Reskrim Polres Jayapura Kota. Sementara sesuai atensi Kapolres Jayapura Kota, pihak kepolisian menegaskan akan melanjutkan proses hukum terhadap terduga pelaku.

"Ya, atas perintah bapak Kapolres Jayapura Kota akan kita teruskan penyidikan hingga proses hukum kepada yang bersangkutan dengan dasar undang-undang darurat," Tegas Kabag Ops AKP Leonardo Yoga, S.IK.

Diketahui, pihak keluarga pemilik badik tersebut berusaha melakukan lobby untuk kemudahan hukum dari pihak kepolisian, namun ditolak dengan tegas.  Atas kepemilikan sajam tersebut, S terancam undang-undang darurat nomor 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata tajam dengan ancamam maksimal 12 tahun penjara.(HumasPoldaPapua)

Burhan Abdurahman Antisipasi Terulangnya Banjir di Kota Ternate

Posted: 17 Jul 2018 10:00 PM PDT

Burhan Abdurahman Antisipasi Terulangnya Banjir di Kota Ternate
TERNATE, LELEMUKU.COM- Wali Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Burhan Abdurahman memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate untuk segera mengambil langkah antisipasi terhadap banjir yang kerap terjadi di sekitar SD Islamiyah 2 di Kelurahan Mangga Dua jika Ternate diguyur hujan lebat.

Saat meninjau gedung SD Islamiyah 2, Wali Kota dua periode itu menegaskan, telah memerintahkan dua intansi tersebut untuk segera melakukan upaya-upaya antisipasi agar banjir yang kerap terjadi di kawasan tersebut, tidak lagi terjadi.

"Saya instruksikan langsung untuk yang ada di sekolah, kepada Badan Penanggulangan Bencana dan Dinas PU, untuk segera menangani sekarang. Tidak lagi harus menunggu harus perubahan anggaran atau menunggu anggaran tahun depan," kata Wali Kota seraya menyebut, masalah ini akan segera tertangani pada tahun ini.

Wali Kota menambahkan, masalah banjir yang kerap terjadi di sekitar kawasan SD Islamiyah di Kelurahan Mangga Dua nanti akan dilihat dari aspek teknisnya, sebab saluran yang berada di SD tersebut, tidak bisa lagi menampung debit air jika hujan dengan intensitas lebat.

"Kita lihat solusinya, apakah harus melalui belakang gedung atau melalui depan sekola, teknisnya bagaimana, yang pasti saluran air itu harus dialihkan ke kiri atau harus dialihkan ke jembatan nomor dua," tukasnya.

Wali Kota memastikan, masalah banjir di Mangga Dua akan segera ditangani oleh Dinas PU dan BPBD, "Itu yang harus kita tangani segera dan saya menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran kali mati (barangka), untuk tetap berikhtiar, lihat-lihat kondisi, kita ikhtiar karena ini kita belum tau sampai kapan kondisi cuaca seperti ini," harapnya.

Kepada masyarakat Kota Ternate, Wali Kota meminta untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah di selokan, sebab salah satu faktor penyebab banjir adalah kebiasaan warga membuang sampah di selokan, yang mengakibatkan saluran air tersumbat yang berakibat, air meluap hingga ke jalan raya bahkan masuk ke pemukiman penduduk. (DiskomsandiTernate)

Pemprov Papua Kirim Utusan Ikut Lomba Pesparawi Nasional 2018

Posted: 17 Jul 2018 09:30 PM PDT

Pemprov Papua Kirim Utusan Ikut Lomba Pesparawi Nasional 2018JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Provinsi Papua kembali mengirim utusan pada perlombaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparasi) Tingkat Nasional ke XII di Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

Sebanyak 281 orang wakil dari Provinsi Papua ini akan ikut perhelatan tahunan yang dimulai sejak 27 Juli s/d 4 Agustus 2018 tersebut.

Menurut Sekda Papua Hery Dosinaen, bila tak ada halangan upacara pelepasan tim Pesparawi Provinsi Papua, bakal diselenggarakan pada Senin (16/7), di Sasana Krida, Kantor Gubernur Dok II, Jayapura, sekitar pukul 10.00 Wit. 

Upacara pelepasan pun rencanana dipimpin langsung Penjabat Gubernur Papua  Soedarmo. Hal demikian disampaikan Sekda Hery Dosinaen di Jayapura, akhir pekan kemarin.

Hery pada kesempatan itu mengharapkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) yang tergabung dalam tim, agar dapat mengeluarkan kemampuan yang terbaik. Dirinya juga mengharapkan para utusan agar membawa nama baik Papua serta pulang tidak dengan tangan hampa.

"Kalau bisa pulang dengan membawa medali juara. Namun yang terpenting jagalah nama baik Papua pada iven nasional tersebut," imbaunya.

Sebelumnya, tim Pesparawi Provinsi Papua optimis mampu meraih juara di empat nomor lomba dari 12 nomor yang dipertandingan.

Menurut Ketua Harian Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Provinsi Papua, Costan Karma. Berbagai persiapan sudah dilakukan, namun yang menjadi tujuan mengikuti iven itu, yakni untuk memuji kebesaran dan keagungan nama besar Tuhan Yesus Kristus.

Sementara untuk 12 nomor lomba yang akan diikuti Papua pada Pesparawi tingkat nasional, lanjut dia, diantaranya pada fokal grup, solo dan lainnya.

Sementara jumlah kontingen yang akan turun sebanyak 281 orang, yang diharapkan pada hari pelaksanaannya dapat diantar langsung oleh Penjabat Gubernur Papua.

"Yang pasti tim Pesparawi Papua saat ini sedang berlatih keras guna mematangkan persiapan sebelum tampil diajang Pesparawi tingkat nasional."

"Bahkan untuk memenuhi target juara, kami dari LPPD Papua sudah mendatangkan beberapa pelatih tingkat nasional guna mendampingi tim selama masa persiapan ini," terangnya.

Ditambahkan, total ada empat pelatih nasional yang disewa untuk membantu tim. Mereka juga akan membantu pelatih lokal yang ada di Papua guna memperkuat semua persiapan yang ada. (DiskominfoPapua)

Halal Bi Halal Salin Silahturahmi Antar Pejabat di Seram Bagian Barat

Posted: 17 Jul 2018 09:00 PM PDT

Halal Bi Halal Salin Silahturahmi Antar Pejabat di Seram Bagian BaratPIRU, LELEMUKU.COM - Halal bilhalal di ikuti seluruh jajaran ASN di lingkungan pemkab setempat, yang dihadiri langsung oleh Ketua DPRD beserta anggota, Sekda Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku, Staf Ahli, para Asisten setda, para Camat, Kepala OPD lingkup Kab.SBB, Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat. acara tersebut di pusatkan di Gedung Hatutelu Piru, Sabtu (7/14).

Acara halal bi halal mengambil tema : dengan Halal bi halal kita jalin silaturahmi vor kas bae Seram Bagian Barat.

Dalam sambutannya Asisten III setda Drs. Leonard Kakisina menyampaikan banyak terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten SBB.

Ia mengingatkan setelah sebulan melaksanakan ibadah Puasa dan Hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah serta Halal bi Halal yang dilaksanakan saat ini, beliau mengharapkan agar keberagaman yang indah di Kab. SBB perlu terus hidup dan dilestarikan.

Halal bi halal sejatinya memiliki makna bertemu dan saling memaafkan, memperbaiki tutur kata dan sikap yang menyinggung dan menyakiti, membesarkan hati dari rasa marah dengki dan tersakiti, sehingga membuat hati menjadi semakin tenang jiwa semakin bahagia serta hubungan kemanusiaan semakin erat terjalin.

Lebih lanjut beliau menyampaikan melalui momentum pagi ini, Ia berharap para ASN di SBB, dapat meningkatkan kemampuan, kedisiplinan serta kebersamaan sehingga menjadi komitmen bersama dalam rangka mengoptimalkan implementasi demi terciptanya tatanan birokrasi yang bersih sesuai dengan moto Vor kas bae SBB.

"Dalam hal efektifitas pelayanan kepada masyarakat dan tugas pokok pemerintahan, sejalan dengan itu Pemda SBB berupaya membangun sistem pembinaan pegawai yang baik dan terarah, terutama tehadap pembinaan mental, akhlak dan moral, peningkatan disiplin, kinerja, tanggung jawab, dan kejujuran. "Hal ini menjadi salah satu prorioritas pembangunan kabupaten ini kedepan,"tuturnya.

Terakhir beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah melaksanakan kewajibannya mulai, apel pagi sampai dengan pelayanan aktifitas kantor selama ini. Beliau berharap semoga hal ini terus dan tetap dipertahankan.

Ia juga berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada pelaksanaan safari ramadhan pemerintah Kabupaten SBB selama bulan Ramadhan dengan waktu dan jarak yang menguras tenaga. (DiskominfoSBB)

Menteri Komunikasi dan Informatika serta Menteri Pendidikan Kunjungi Papua

Posted: 17 Jul 2018 09:00 PM PDT

Menteri Komunikasi dan Informatika serta Menteri Pendidikan Kunjungi PapuaJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Dalam pekan ini, Provinsi Papua bakal dikunjungi dua Menteri dan Kepala Ombudsman RI.  Adalah Menteri Komunikasi dan Informatika serta Menteri Pendidikan yang direncanakan tiba pada pagi ini.

Menurut Plh. Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Papua, Gilberd R. Yakwart, bila tak ada halangan, Menteri Pendidikan akan lebih dulu tiba di Jayapura pada Senin (16/7) ini. Sementara Menkominfo tiba pada Selasa (17/7), dimana keduanya mengikuti serangkaian kegiatan yang berbeda.

"Kalau Menkominfo yang hadir bersama Kepala Ombudsman Republik Indonesia, datang ke Papua untuk melakukan Kunjungan program pembangunan infrastruktur palapa ring timur dan layanan akses internet. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan progres pembangunan BMH-NOC dan pemanfaatan BTS - Akses Internet di Kabupaten Puncak Jaya maupun Mamberamo Raya."

"Sementara Menteri Pendidikan akan menghadiri rapat koordinasi yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua dan Papua Barat," ucapnya.

Melalui kunjungan dua menteri itu, dia mengharapkan dapat kembali membawa aspirasi pembangunan dari pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota, untuk selanjutnya dituangkan dalam sebuah kebijakan guna memajukan pelaksanaan pembangunan di Papua.

Sebab selaras dengan visi Presiden Jokowi saat ini, yang ingin melaksanakan percepatan pembangunan infrastruktrur di segala bidang. Baik dari bidang pendidikan serta pelayanan teknologi akses internet yang merata di semua wilayah di Indonesia, termasuk Papua.

"Yang pasti harapan kita dari kunjungan para Menteri ini nantinya bisa membawa dampak yang lebih baik untuk kemajuan Papua kedepannya."

"Tentu sebagai Pemerintah Provinsi Papua kita menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas perhatian yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Papua selama ini. Mudah-mudahan dalam kunjungan dua Menteri Kebinet Kerja RI ini bisa memberikan dampak luas bagi masyarakat," harapnya.

Kepala Dinas Kominfo Papua Kansiana Salle mengharapkan kunjungan Menteri Kominfo mampu memotivasi semua pihak di Papua untuk mewujudkan akses teknologi maupun internet yang lebih cepat dan murah bagi masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Papua Elias Wonda yakin, kedatangan Menteri Pendidikan mampu membawa dampak positif terhadap pembangunan dunia pendidikan diatas tanah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel