-->

FBI Pernah Hubungi Penuduh Kedua Brett Kavanaugh, Deborah Ramirez

FBI Pernah Hubungi Penuduh Kedua Brett Kavanaugh, Deborah Ramirez


FBI Pernah Hubungi Penuduh Kedua Brett Kavanaugh, Deborah Ramirez

Posted: 29 Sep 2018 07:39 PM PDT

FBI Pernah Hubungi Penuduh Kedua Brett Kavanaugh, Deborah Ramirez WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Badan Penyelidik Federal Amerika Serikat (FBI) telah menghubungi perempuan kedua yang menuduh Brett Kavanaugh melakukan serangan seksual sebagai bagian dari penyelidikan baru terhadap diri calon Hakim Agung itu, demikian dilaporkan oleh Washington Post pada Sabtu (29/9), mengutip orang-orang yang dekat dengan penyelidikan itu.

Tidak jelas apakah Deborah Ramirez sudah diwawancarai. Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada 23 September di New Yorker Magazine, Ramirez mengatakan bahwa dia ingat pelecehan seksual yang dilakukan Kavanaugh terhadapnya saat berlangsung pesta di asrama.

Ramirez mengatakan, serangan itu berlangsung pada tahun ajaran 1983/1984 di Yale University, tempat mereka kuliah.

Laporan Post itu juga melaporkan, FBI menindaklanjuti tuduhan yang dilancarkan oleh Christine Blasey Ford, perempuan pertama yang menuduh Kavanaugh melakukan serangan seksual ketika mereka masih remaja pada 1982. Kedua perempuan ini telah mengisahkan peristiwa yang mereka alami kepada Komite Yudisial Senat.

Presiden Donald Trump telah memerintahkan penyelidikan pada Jumat (28/9) setelah diminta oleh Komite Yudisial Senat.

Keputusan ini merupakan perubahan sikap dari pemerintah, yang tadinya berdalih bahwa Kavanaugh sudah diseleksi secara teliti. (VOA)

Pasca Gempa Donggala, Pertamina Siagakan Alternatif Pasokan BBM

Posted: 29 Sep 2018 07:31 PM PDT

Pasca Gempa Donggala, Pertamina Siagakan Alternatif Pasokan BBMJAKARTA, LELEMUKU.COM - PT Pertamina Persero mengatakan akan menyiagakan alternatif pasokan BBM dan elpiji di Sulawesi Tengah pasca gempa 7,7 SR di Donggala dan tsunami. Akibat bencana itu, operasi Pertamina MOR VII Sulawesi di wilayah Palu dan sekitarnya terganggu, menurut Pertamina dalam siaran pers, Sabtu (29/9).

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun hingga Sabtu, diketahui bahwa Terminal BBM Donggala mengalami kerusakan akibat gempa dan tsunami. Beberapa sarana dan fasilitas termasuk akses dari dermaga menuju TBBM (trestle) dan tempat pengisian mobil tangki (filling shed) mengalami kerusakan hingga penyaluran BBM tidak dapat dilakukan.

Akses jalan dari TBBM ke Palu dan Sulawesi Barat pun tidak dapat dilewati dikarenakan longsor dan kerusakan jalan. Tiga dari 5 SPBBE tidak dapat beroperasi akibat terdampak bencana, kata M. Roby Hervindo, unit manager communication and CSR MOR VII.

"Untuk pelayanan masyarakat melalui SPBU saat ini masih didata berapa yang masih bisa beroperasi. Nantinya penyaluran akan dipusatkan di SPBU-SPBU tersebut. Secara umum stok BBM dan LPG masih dalam kondisi aman," ujar Roby.

Tim Puskodal Pertamina MOR VII telah menyiapkan rencana alternatif RAE (Regular, Alternative, Emergency) untuk mengamankan pasokan energi ke Palu dan sekitarnya. Untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar industri, diutamakan suplai kepada PLN, TNI dan Polri. Alternatif suplai akan diluncurkan melalui TBBM Poso, Moutong, Toli-Toli dan Pare Pare.

Untuk elpiji, alternatif suplai ke Palu rencananya dilakukan melalui SPPEK Tri Ariesta dari Gorontalo, dari Depot LPG Makassar, dan Terminal LPG Bosowa. Selain itu telah disiagakan SPPBE alternatif, yakni PT Mitra Utama, PT Nubuwwa Saltika, PT Pare Elpiji, dan PT Permata Alam Sulawesi serta pengiriman 150 tabung LPG 50 Kg dari SPPBE Makassar.

Sedangkan untuk Avtur, rencana dilakukan alih suplai ke DPPU Mutiara melalui TBBM Makassar, TBBM Gorontalo dan TBBM Luwuk. Penyaluran rencananya dilakukan melalui bridger (mobil tangki avtur), dengan memperhatikan kondisi akses jalan. (VOA)

Hartanto Berikan Pembekalan ke Kontingen Karate Lemkari Lanal Saumlaki

Posted: 29 Sep 2018 07:10 AM PDT

Hartanto Berikan Pembekalan ke Kontingen Karate Lemkari Lanal Saumlaki
OLILIT, LELEMUKU.COM - Komandan Lanal (Danlanal) Saumlaki Letkol Laut(P) Hartanto,M.Tr (Hanla) pada Sabtu (29/9) pukul 11.00 WIT memberikan pembekalan para Kontingen Karate Lemkari Lanal Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku yang akan melaksanakan pertandingan Sion Cup 1 Maluku tahun 2018 di Ambon.

6 nama para atlit Karate Lemkari Lanal Saumlaki yang akan mengikuti pertandingan itu diantaranya; Yanto Ngilamele (16 tahun), Satria Sainlolin (15), Yulianus Fenanlambir (15), Ayu Kunre (15), Yohanes Duarmas (16) dan Luky Letulur (15).

Sementara pelatih Karate Lemkari Lanal Saumlaki yang akan mendampingi adalah Serka Pom Deni Iskandar anggota Denpomal Lanal Saumlaki.

Dalam arahannya bertempat di ruang Latihan Taek Kwondo Lanal Saumlaki , Danlanal Saumlaki meminta para atlit agar selalu menjaga kesehatan dan kebersamaan.

"Tetap semangat, jaga sportifitas, jaga nama baik karate Lemkari Lanal Saumlaki dan yang paling utama hindari cedera. Selamat berjuang," ucap Hartanto. (Albert Batlayeri)

BPS MTB Lakukan Pelayanan Statistik Terpadu via Teknologi Informasi

Posted: 29 Sep 2018 07:01 AM PDT

BPS MTB Lakukan Pelayanan Statistik Terpadu via Teknologi Informasi
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, Barbalina Ch. Masela, SE menjelaskan Pelayanan Statistik Terpadu (PST) adalah pelayanan beberapa jenis layanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu dan pengelolaan koleksi pustaka yang didukung pemanfaatan teknologi informasi.

"Pemanfaatan teknologi informasi yang berada pada satu unit kerja sebagai penanggung jawab," jelas dia saat memberikan materi pada sosialisasi "Expose Data Statistik Stategis 2018" dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) di Aula Hotel Beringin Dua Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), pada Selasa (25/9).

Barbalina menuturkan tujuan dari PST ialah mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi BPS melalui pelaksanaan PST, meningkatkan kualitas layanan terhadap pengguna dan menyempurnakan pelaksanaan PST didukung dengan petugas yang profesional serta sarana prasarana yang sesuai standarisasi di BPS Provinsi dan BPS Kabupaten dan Kota dan memberikan kemudahan kepada pengguna karena semua jenis layanan yang ada dalam PST berada pada satu pintu.

"Serta memberi kepuasan kepada pengguna karena mekanisme PST didukung teknologi informasi," tuturnya.

Barbalina juga mengungkapkan untuk mengakses data-data statistik yang dihasilkan oleh BPS Kabupaten MTB dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya datang langsung ke PST BPS MTB yang beralamat di Jalan Ir. Soekarno, Saumlaki atau mengakses Website BPS melalui alamat link http://www.mtbkab.bps.go.id.

"Untuk mengetahui data-data BPS bisa langsung ke kantor kami atau langsung melalui website kami," ungkapnya.

Berikut beberapa produk statistic yang dihasilkan oleh BPS MTB, antara lain Produk Domestik Regional Bruto (BDRB) menurut lapangan usaha yaitu menggambarkan distribusi dan pertumbuhan ekonomi menurut sector ekonomi, PDRB menurut penggunaan dimana menggambarkan distribusi dan pertumbuhan ekonomi menurut penggunaan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yaitu angka yang menggambarkan keadaan tentang tingkat pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan penduduk secara umum.

Selanjutnya angka kemiskinan yang mana menggambarkan persentase penduduk dengan pengeluaran di bawah garis kemiskinan, indeks keparahan dan kedalaman kemiskinan, Indikator Ketenagakerjaan yaitu yang menggambarkan persentase angkatan kerja dan tingkat pengangguran terbuka, serta Daerah Dalam Angka yang merupakan kompilasi oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan data-data primer yang dihasilkan melalui survei-survei BPS MTB. (Laura Sobuber)

Hartanto Lepas 3 Ekor Penyu di Pantai Lanal Saumlaki

Posted: 29 Sep 2018 06:27 AM PDT

Hartanto Lepas 3 Ekor Penyu di Pantai Lanal Saumlaki
OLILIT, LELEMUKU.COM - Komandan Lanal (Danlanal) Saumlaki Letkol Laut (P) Hartanto,. M.Tr (Hanla) bersama Ketua Korcab IX Cabang 3, Ibu Eny Hartanto pada Sabtu (29/9) pukul 10.00 WIT melakukan pelepasan tiga ekor penyu dewasa di Pantai Lanal Saumlaki di Desa Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku.

Pelepasan hewan liar guna menjaga ekosistem alam ini terdiri dari 2 jenis yakni penyu hijau (chelonia mydas) sebanyak 2 ekor dan penyu tempayang (caretta caretta) sebanyak 1 ekor.

Danlanal Hartanto menyatakan tujuan dilaksanakannya pelepasan penyu merupakan wujud peduli TNI-AL terhadap biota laut yang dilindungi dan menjaga dari kepunahan.

"Sesuai UU nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.  UU nomor 31 tahun 2004 pasal 7 ayat ke-5 berbunyi menteri menetapkan jenis ikan dan kawasan perairan yang masing-masing dilindungi termasuk taman nasional laut untuk keentingan ilmu pengetahuan,kebudayaan,pariwisata dan atau kelestarian sumber daya ikan dan atau lingkungannya," ujar dia.

Turut hadir dalam pelepasan penyu tersebut siswa-siswi Saka Bahari Lanal Saumlaki dan Andre Werembinan, warga yang membeli dari nelayan yang menangkap dan menyerahkan kepada Lanal Saumlaki untuk dikembalikan ke habitatnya.  (Albert Batlayeri)

3 Gempa Magnitudo 3 SR Guncang Seram dan Buru

Posted: 28 Sep 2018 08:12 PM PDT

3 Gempa Magnitudo 3 SR Guncang Seram dan BuruAMBON, LELEMUKU.COM - Tiga Gempa Bumi dengan magnitudo 3 skala richter (SR) melanda Pulau Seram dan Pulau Buru, Provinsi Maluku pada Jumat (28/9) Sabtu (29/9).

Gempa terkini dengan kekuatan 3.3 SR terjadi pada pukul 11.22 WIT di koordinat 3.27 lintang selatan (LS) dan 130.99 bujur timur (BT) atau 58 km arah timur Kota Bula, Ibukota Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dengan kedalaman 21 km dari permukaan laut.

Sementara gempa sebelumnya dengan magnitudo 3.4 SR pada pukul 7:37 WIT, dengan koordinat 3.58 LS-127.55 BT atau 49 km Timur laut Kota Ambalau, Kabupaten Buru Selatan dengan kedalaman 183 km.

Sedangkan pada Jumat (28/9) pukul  20.13 WIT, gempa dengan kekuatan 3.8 SR mengguncang selatan Kota Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) atau 33 km arah Barat laut, Kota Saparua, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dengan kedalaman 10 km.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maluku melalui Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Karangpanjang Ambon, Abraham Mustamu, ketiga gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal. Meskipun dangkal dan terjadi di laut, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami," ujar dia.

Terkait dengan peristiwa gempabumi Kairatu Dan Ambon yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 20:15 WIT belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

"Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta arahan dari BPBD. Khususnya masyarakat di pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempabumi yang terjadi Tidak Berpotensi Tsunami," ungkap Mustamu. (Albert Batlayeri)

Pemprov Papua Sosialisasi Perpres 16 Tahun 2018 Pengadaan Barang dan Jasa

Posted: 28 Sep 2018 08:07 PM PDT

Pemprov Papua Sosialisasi Perpres 16 Tahun 2018 Pengadaan Barang dan JasaJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pemberlakuan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa, mulai disosialisasikan di Provinsi Papua. Regulasi yang sejatinya diterapkan sejak Juli lalu tersebut, diharapkan mulai dilaksanakan pada 2019 mendatang, sebab memberi banyak afirmasi bagi orang asli Papua (OAP).

Plt. Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Papua Debora Salossa mengatakan, Perpres baru tersebut mengatur tentang pelaksanaan lelang terbatas senilai Rp2,5 miliar, khusus bagi pengusaha OAP.

Hal tersebut, menurut dia, sebagai satu bentuk proteksi dan pembinaan bagi pengusaha OAP, agar kedepan menjadi lebih profesional, sehingga mampu bersaing dengan saudara-saudara pendatang.

"Mengapa harus ditender paket Rp2,5 miliar khusus untuk OAP, supaya ada semangat berkompetisi. Sehingga nanti para pengusaha yang dulunya mengerjakan proyek penunjukan langsung  (GEL) dan sudah berkembang, bisa ikut lelang untuk menambah jam terbang dan peningkatan usahanya," terang dia disela-sela Sosialisasi Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, di Jayapura, Kamis (27/9).

Kendati demikian, lanjut dia, untuk lelang penunjukan langsung perubahan hanya terjadi untuk paket pekerjaan di wilayah pesisir yang sebelumnya Rp500 juta, kini menjadi Rp1 miliar. Sementara untuk wilayah pegunungan tak berubah, yakni masih pada nilai Rp1 miliar untuk penunjukan langsung.

"Memang secara logika tidak ada keadilan ya, tapi kemarin ketika saya konfirmasi ke Jakarta, mereka sebut keputusan ini langsung dari Presiden. Dimana semangatnya bukan mengukut besarnya nilai uang dalam paket yang dikerjakan. Tetapi yang diutamakan bekerja dalam lelang penunjukan langsung adalah OAP."

"Hanya memang apakah Perpres ini sudah final? Ternyata masih ada beberapa masukan (yang menjadi pertimbangan untuk diubah)," ucap dia.

Menurut dia, sementara ini Biro Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Papua tengah berupaya untuk mendata jumlah pengusaha OAP. Pihaknya pun telah bersurat ke seluruh asosiasi jasa konstruksi maupun pengadaan barang, guna meminta data pengusaha OAP yang valid.

Data-data itu kemudian akan diklarifikasi untuk membuktikan kebenarannya, setelah itu dimasukan dalam data base.

"Sebab memang saat ini kami belum ada data pengusaha asli Papua yang melaksanakan pekerjaan. Sehingga kita mulai dengan data base dulu pengusaha asli Papua dulu supaya jelas nantinya para pengsaha OAP yang akan ikut dalam lelang terbatas Rp2,5 miliar."

"Intinya ini kebijakan afirmasi sehingga nanti kita siapkan sistem sendiri ataukah nanti kita tetap berpatokan pada standar biding document. Namun satu hal yang pasti Perpres ini kemungkinan baru akan kita terapkan full di 2019 mendatang. Atau pada penghujung 2018 untuk pekerjaan 2019," tutupnya. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel