-->

KemenkumHAM Kanwil Malut Gelar Rakor Tim PORA di Ternate

KemenkumHAM Kanwil Malut Gelar Rakor Tim PORA di Ternate


KemenkumHAM Kanwil Malut Gelar Rakor Tim PORA di Ternate

Posted: 11 Sep 2018 06:14 PM PDT

KemenkumHAM Kanwil Malut Gelar Rakor Tim PORA di TernateTERNATE, LELEMUKU.COM - Plh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara, Heru Tjondro membuka secara resmi Kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing di Royal's Restaurant BallRoom B pada Sabtu (8/9).

Dalam sambutannya Tjondro menyampaikan kehadiran orang asing di Indonesia merupakan sesuatu yang tidak dapat kita hindari. Beragam kerja sama antar-negara dengan tujuan meningkatkan daya saing bangsa dan pembangunan perekonomian negara hadir bersamaan dengan arus lalu lintas orang asing ke Indonesia.

Lalu lintas orang asing tersebut tidak hanya memberikan keuntungan bagi Indonesia seperti adanya transfer pengetahuan dan peningkatan devisa, namun juga turut menghadirkan beragam ancaman. Di dalam Pasal 1 (angka 3) Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dijelaskan bahwa fungsi keimigrasian selain melaksanakan tugas pelayanan keimigrasian, imigrasi juga berfungsi sebagai penegak hukum, keamanan negara dan fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat.

Dalam konteks penegakkan hukum dan keamanan negara khususnya pengawasan keimigrasian terhadap kegiatan orang asing di wilayah Indonesia, imigrasi melalui Menteri membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) yang anggotanya terdiri atas badan atau instansi pemerintah terkait baik di pusat maupun di daerah. Keberadaan Tim Pora tersebut diamanatkan dalam pasal 69 ayat 1, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Maluku Utara sebagai daerah kepulauan yang berbatasan langsung dengan Philipina di bagian utara, tentu menjadi wilayah yang rawan masuknya orang asing secara ilegal dengan segala ancaman yang dibawanya. Situasi tersebut mengharuskan adanya penguatan kerja intelijen dalam memperoleh informasi terkait keberadaan dan aktivitas orang asing. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara melalui Divisi Keimigrasian yang membawahi dua Unit Pelaksana Teknis Keimigrasian, yakni Kantor Imigrasi Kelas I Ternate dan Kantor Imigrasi Kelas II Tobelo terus berupaya melakukan upaya penegakkan hukum atas pelanggaran keimigrasian yang terjadi di wilayah Maluku Utara.pungkasnya

Sebagai upaya peningkatan dan penguatan pengawasan orang asing, Kantor Wilayah melalui Divisi Keimigrasian tidak dapat bekerja sendiri, namun demikian perlu adanya penguatan kerjasama, koordinasi dan sinergitas informasi intelijen di antara sesama anggota TIM PORA yang melibatkan instansi terkait.

Baik TNI, Polri, Badan Intelijen Negara, Kesbangpol, Kejaksaan, Bea Cukai, BNN dan instansi terkait lainnya. Upaya ini diharapkan dapat melahirkan deteksi dini dan cegah dini terjadinya pelanggaran hukum oleh orang asing.

Guna mengantisipasi tantangan pengawasan orang asing di Indonesia yang semakin kompleks, maka Menteri Hukum dan HAM RI mengeluarkan Peraturan Nomor 19 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Imigrasi sebagai bagian dari restrukturisasi organisasi dan tata kerja pada kantor imigrasi.

Sebagai Narasumber dalam Kegiatan tersebut, Direktur Intelijen Keimigrasian Muhammad Yanis dan di dampingi oleh Kepala Divisi Keimigrasian Heru Tdjondro. Dengan Materi " Peran dan Fungsi Intelejen Keimigrasian Dalam Pelaksanaan Tim Pora (Dalam Perfektif Permenkumham Nomor 19 Tahun 2018)."

Kehadiran Direktur Intelijen Keimigrasian dalam memberikan materi pada kegiatan Rapat Koordinasi ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi anggota Tim PORA dalam melakukan tugas pengawasan orang asing di wilayah Maluku Utara sehingga dapat terwujudnya stabilitas keamanan dan pembangunan ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat.

Acara ini diikuti oleh peserta yang berjumlah 17 Orang yang terdiri dari Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara, Badan Intelijen Negara Daerah Maluku Utara, Polisi Daerah Maluku Utara, Kesatuan Bangsa dan Politik Maluku Utara, Kejaksaan Tinggi Maluku Utara, Resor Militer 152 Babullah Ternate, Badan Narkotika Nasional Maluku Utara, Bea dan Cukai Maluku Utara, Kantor Imigrasi Ternate dan Kepala Kantor Imigrasi Tobelo.Dalam Kegiatan Tersebut Turut Hadir sebagai Narasumber Direktur Intelijen Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi, Muhammad Yanis, S.H., M.Hum. Kepala Divisi Pemasyarakatan Plh.Divisi Administrasi serta Pejabat Administrasi. (HumasKemenkumHAMMalut)

Royke Lumowa Disambut Jajaran Polda Maluku

Posted: 11 Sep 2018 05:42 PM PDT


AMBON, LELEMUKU.COM – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku yang baru, Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, M.M pada Selasa (11/9) disambut dan diterima oleh Wakapolda Brigjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.ik, M.Si, M.M., Irwasda Maluku Kombes Pol Purwolelono, S.ik, M.M., Pejabat Utama Polda Maluku, Kapolres Jajaran Polda Maluku, seluruh personil Polda Maluku, dan Pengurus Bhayangkari Polda Maluku, dilanjutkan pengalungan bunga kepada Kapolda Maluku dan Ibu Swanly Royke Lumowa oleh Waka Polda Maluku dan Ibu Ges Akhmad Wiyagus serta Jajar kehormatan bertempat di Mapolda Maluku pukul 13.30 Wit.

Selanjutnya Kapolda Maluku di dampingi Waka Polda dan Irwasda Maluku, menuju ruang rapat utama Polda Maluku untuk memberikan arahan kepada personil Polda Maluku. Waka Polda Maluku Brigjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.ik, M.Si, M.M dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat melaksanakan tugas sebagai Kapolda Maluku di bumi raja raja, dan mendukung seluruh program kerja Kapolda,

"Menuju Polda Maluku yang dipercayai oleh masyarakat, Maluku damai sejahtera dan makmur," ujar dia.

Acara dilanjutkan dengan paparan situasi umum wilayah Polda Maluku oleh Dir Sabhara Polda Maluku, Kombes Pol. Drs M. Irwan Rahmaeni. Dalam paparannya Dir Sabhara menjelaskan situasi dan kondisi wilayah hukum Polda Maluku, situasi kesatuan, dan capaian kinerja.

Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M sebelum memberikan arahan, ia mengharapkan adanya dukungan seluruh personil Polda Maluku untuk kemajuan Polda Maluku ke arah yang lebih baik. Selanjutnya Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, M.M menyampaikan 35 arahan.

"Mendukung pembangunan pemerintah daerah Maluku, diantaranya parawisata, perekonomian daerah, sumber daya alam, pendidikan, kesehatan, keselamatan masyarakat, kelestarian lingkungan. Mencegah potensi gangguan sosial, diantaranya Anjangsana untuk menjaga Kamtibmas, renaksi untuk mencegah potensi soliditas TNI dan Polri, redam arogansi Polri bagi masyarakat, hindari kekerasan, penggunaan senjata, hindari tindakan korupsi, penegakan hukum yang tegas, ciptakan kamtibcar lancar, Patroli simpati, Pelayanan Kamtibmas, Deteksi dini, pergelaran kekuatan, pemberdayaan masyarakat, reward dan funishment, ciptakan pemilu aman dan damai dan pendekatan kepada tokoh agama, dan tokoh adat dalam rangka menciptakan Maluku yang aman, damai dan sejahtera," ujar mantan Kapolda Papua Barat ini. (HumasPoldaMaluku)

Satgas Kamtib Kanwil Kemenkumham Maluku Sidak Cabrutan Namlea

Posted: 11 Sep 2018 05:36 PM PDT

Satgas Kamtib Kanwil Kemenkumham Maluku Sidak Cabrutan NamleaNAMLEA, LELEMUKU.COM – Tim Satuan Tugas (Satgas) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di Cabang Rumah Tahanan Negara (Cabrutan) Namlea, Kabupaten Buru pada Kamis (6/9).

Kegiatan yang dipimpin Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban Divisi Pemasyarakatan Maluku, Lissa Kiessya semata untuk meminimalisir resiko gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas/Rutan/Cabang Rutan.

"Sesuai instruksi pimpinan kepada kami bahwa kondisi keamanan Lapas, Rutan maupun Cabang Rutan di wilayah Maluku harus tetap aman maka kami gencarkan sidak ke sejumlah Unit Pelaksana Teknis salah satunya di Namlea", terang Lissa.

Hasilnya, berbagai barang yang ditemukan petugas seperti korek api gas, silet, gelas, paku, botol kaca yang langsung disita.

"Barang-barang seperti ini tidak boleh lagi ada di dalam kamar hunian. Tetap jaga keamanan dan ketertiban dalam Rutan, kalau untuk kebersihan kamar dan blok sudah bagus tolong dipertahankan", lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Tim Satgas juga melaksanakan Tes Urine terhadap 15 orang petugas dan 22 orang WBP Cabrutan Namlea. Total 35 sampel yang diperiksa seluruhnya negatif Narkoba.

Kepala Cabrutan Namlea, Hamdani, yang ditemui setelah kegiatan menyampaikan rasa terima kasihnya atas upaya Tim Satgas Kamtib untuk mewujudkan situasi yang tetap aman di Cabrutan Namlea.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang  telah dilakukan oleh Tim satgas, kedepanya kami akan terus berbenah. Hasil tes urine seluruhnya negatif narkoba menunjukan bahwa pembinaan yang kita lakukan selama ini berbuah hasil yang baik", tutupnya. (HumasKumhamMaluku)

Inpex Masela Komitmen Lakukan Program Pemberdayaan Masyarakat Tanimbar

Posted: 11 Sep 2018 02:36 PM PDT

Inpex Masela Komitmen Lakukan Program Pemberdayaan Masyarakat TanimbarSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Perusahaan minyak dan gas bumi, Inpex Masela Ltd berkomitmen terus untuk melakukan sejumlah program pemberdayaan masyarakat (PPM) di  Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku  dalam rangka mendapatkan lisensi sosial sejak dini melalui kepercayaan.

Penerimaan dan dukungan dari masayarakat asli dimana perusahaan beroperasi dengan menganggarkan 62 persen dari total anggaran PPM sejak tahun 2009, yang diperuntukkan untuk pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat sebesar 36 persen dan pendidikan sebesar 26 persen.

"Walau belum beroperasi bahkan melaksanakan aktifitas migas yang berarti, Inpex Masela melihat bahwa lisensi sosial dalam beroperasi merupakan suatu hal yang fundamental atau dasar dan perlu mendapatkan perhatian khusus," kata Acting Senior Manager Communication and Relation Department Inpex Masela Ltd, Muhamad Berli usai acara menutupan pelatihan Bahasa Inggris "English For Community Empowerment" kepada Lelemuku.com di Aula Hotel Galaxy Saumlaki, pada Jumat (7/9).

Ia menerangkan kegiatan yang dinamai Social Investment atau investasi sosial  itu bahkan telah berlangsung sebelum diterbitkannya Analisi Dampak Lingkungan (AMDAL) pada tahun 2014 lalu bahkan hingga masa berlaku AMDAL tersebut telah selesai sehubungan dengan perubahan konsep pengembangan lapangan gas Blok Masela dari fasilitas terapung lepas pantai (Offshore) ke fasilitas di darat (Onshore) pada tahun 2016.

Berli menuturkan industri migas sangat dinamis dan dikategorikan sebagai energi yang tidak terbarukan, maka pihaknyamelihat bahwa keberadaan perusahaan tidak akan selamanya berada di wilayah kerjanya. Maka program sosial yang telah dirintis Inpex Masela Ltd sejak tahun 2009 tidak hanya terbatas kepada implementasi program saja namun sudah mengarah kepada upaya menciptakan keberlanjutan melalui keterlibatan semua pihak.

Acting Senior Manager Communication and Relation Department Inpex Masela Ltd inipun berharap program-program yang dilakukan terseb
ut dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup dan memperluas kesempatan ekonomi masyarakat agar dapat tumbuh kembang bersama-sama dengan proyek lapangan gas abadi wilayah kerja Masela.

"Upaya itu telah membuahkan hasil dengan dianugerahkannya Inpex sebagai perusahaan swasta dengan program CSR terbaik atau mendapatkan medali emas untuk kategori program CSR berbasis pengembangan masyarakat tahun 2018 oleh Public Relations Indonesia Awards (PRIA)", terangnya. (Laura Sobuber)

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau Masuk Islam Merupakan Hoax

Posted: 11 Sep 2018 02:27 PM PDT

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau Masuk Islam Merupakan HoaxTORONTO, LELEMUKU.COM - Informasi terkait Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau yang masuk Islam tidaklah benar. Hal ini dibantah AFP dengan menyatkaan bahwa foto yang beredar telah dipalsukan oleh pihak-pihak tertentu.

Foto yang diposting awal oleh halaman Facebook Justin Trudeau Not dan disebarluaskan oleh situs web berita palsu Vatican Enquirer ini mengambarkan Trudeau seolah-olah berpakaian sorban yang sering dipakai muslim di Arab Saudi.

Gambar yang sudah diedit itu ditambahkan dengan kutipan "Setelah bertemu dengan ribuan pengungsi Suriah dan belajar banyak tentang iman mereka, saya belajar banyak tentang cinta Islam. Islam mempromosikan kedamaian dan pada kenyataannya lebih damai dari Kekristenan. Islam adalah agama yang menunjukan identitas saya."

Dijelaskan dalam foto palsu tersebut, Trudeau telah menjadi muslim sejak 26 Agustus 2016 lalu. Saat itu, kata media hoax tersebut, perdana menteri berada di Saguenay, sebuah kota di Provinsi Quebec. Ia saat ini sedang menghadiri pertemuan musim panas Kaukus Nasional dari Partai Liberal, partai ia berasal.

Dijelaskan foto tersebut merupakan editan yang disebarluaskan oleh 8000 akun media sosial ini bahwa, informasi tersebut didapat dari website Global Sun pada tahun 2016 lalu meski website tersebut sama sekali tidak dapat ditemukan di pencarian internet.

Pada kenyataannya Trudeau memang menghadiri konferensi partainya pada saat itu, namun ia tidak pernah menyebut satu hal yang berkaitan dengan Islam. Pada keesokan harinya saat Festival Muslim di Mississauga, Ontario, Trudeau juga tidak menyebutkan satu hal pun terkait keimanannya pada Islam.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau Masuk Islam Merupakan HoaxSementara terkait foto jarak dekat yang diedit tersebut. Aslinya merupakan foto Trudeau yang memakai baju Pangerang Kecil, sebuah karakter dari novel milik Antoine de Saint Exupery. Pakaian itu dipakai saat memberikan hadiah permen kepada putranya pada perayaan Halloween, 31 Oktober 2016. (Albert Batlayeri)

Satgas Nusantara Gelar FDG Pileg dan Pilpres 2019 di Biak Numfor

Posted: 11 Sep 2018 02:22 PM PDT

Satgas Nusantara Gelar FDG Pileg dan Pilpres 2019 di Biak NumforBIAK, LELEMUKU.COM - Kapolres Biak Numfor, Provinsi Papua AKBP Rachmad Amsori, S.,IK ada dalam Focus Group Discussion (FGD) bersama Plt.Bupati yang diwakili Sekretaris Kesbangpol Drs. Johanes Sanadi, Dandim 1708/BN Letkol Inf. D. C. A. soumokil, juga Ketua KPU Jackson Maryen bersama sejumlah stakeholder lainnya Rabu (5/9) bertempat di Asana Hotel yang diawali dengan doa oleh Ketua MUI ustadz Kamaruddin.

Dalam sambutan sekaligus pernyataan buka FGD evaluasi pengamanan pilkada 2018 dan konsolidasi menuju sukses pilleg dan pilpres 2019 yang aman, damai dan sejuk, Kapolres Rachmad Amsori nyatakan di Biak - Papua sudah dapat mengembalikan rawan 1 aman tanpa konflik, dan inilah keberhasilan untuk menjadi langkah awal pada pilleg dan pilpres.

Hal senada diakui Dandim 1708/BN Letkol Inf. D. C. A. soumokil dengan tetap mengandalkan Babinsa yang kurang lebih berjumlah 253 orang dan meyakini kalau orang Biak sangat cerdas sehingga pasti bersinergitas menciptakan dan mewujudkan pesta demokrasi dengan aman.

Sementara Ketua KPU Jackson Maryen yang mengakui sekalipun dengan tertatih-tatih, ada persoalan tapi Pilkada tetap jalan. Hal ini pantas saja KPU biak Numfor menjadi penyelenggara terbaik di Papua,tandas Jackson.

Diskusi berjalan cukup alot dengan mendengarkan saran, kritik dan masukan dari semua pihak yang terlibat dalam pilleg maupun pilpres yang kemudian ditanggapi oleh Sekretaris Kesbangpol Johanes Sanadi terutama terkait dengan pendanaan.

"Bapa Ibu terkait pendanaan akan dicari solusinya, karena semua sama tahu keberadaan Biak" jelas Sanadi. Kredibilitas ada pada partai politik maka rekrutlah caleg yang tepat, imbuhnya.

Integritas menjadi hal penting guna wujudkan pilleg dan pilpres 2019, yang oleh KPU telah beberkan data 416 caleg dari 16 parpol sambil menunggu penetapan pada 20 September mendatang dengan 549 tanggapan publik yang sudah diterima atas nama-nama caleg yang sudah dipublikasikan, ini membuktikan kerjasama dari semua pihak terutama masyarakat sehingga ke depannya disiapkan 464 TPS yang tersebar pada 19 distrik. (HumasBiakNumfor)

Satgas Nusantara Gelar FDG Pileg dan Pilpres 2019 di Biak Numfor

Posted: 11 Sep 2018 01:59 PM PDT

Satgas Nusantara Gelar FDG Pileg dan Pilpres 2019 di Biak NumforBIAK, LELEMUKU.COM - Kapolres Biak Numfor, Provinsi Papua AKBP Rachmad Amsori, S.,IK ada dalam Focus Group Discussion (FGD) bersama Plt.Bupati yang diwakili Sekretaris Kesbangpol Drs. Johanes Sanadi, Dandim 1708/BN Letkol Inf. D. C. A. soumokil, juga Ketua KPU Jackson Maryen bersama sejumlah stakeholder lainnya Rabu (5/9) bertempat di Asana Hotel yang diawali dengan doa oleh Ketua MUI ustadz Kamaruddin.

Dalam sambutan sekaligus pernyataan buka FGD evaluasi pengamanan pilkada 2018 dan konsolidasi menuju sukses pilleg dan pilpres 2019 yang aman, damai dan sejuk, Kapolres Rachmad Amsori nyatakan di Biak - Papua sudah dapat mengembalikan rawan 1 aman tanpa konflik, dan inilah keberhasilan untuk menjadi langkah awal pada pilleg dan pilpres.

Hal senada diakui Dandim 1708/BN Letkol Inf. D. C. A. soumokil dengan tetap mengandalkan Babinsa yang kurang lebih berjumlah 253 orang dan meyakini kalau orang Biak sangat cerdas sehingga pasti bersinergitas menciptakan dan mewujudkan pesta demokrasi dengan aman.

Sementara Ketua KPU Jackson Maryen yang mengakui sekalipun dengan tertatih-tatih, ada persoalan tapi Pilkada tetap jalan. Hal ini pantas saja KPU biak Numfor menjadi penyelenggara terbaik di Papua,tandas Jackson.

Diskusi berjalan cukup alot dengan mendengarkan saran, kritik dan masukan dari semua pihak yang terlibat dalam pilleg maupun pilpres yang kemudian ditanggapi oleh Sekretaris Kesbangpol Johanes Sanadi terutama terkait dengan pendanaan.

"Bapa Ibu terkait pendanaan akan dicari solusinya, karena semua sama tahu keberadaan Biak" jelas Sanadi. Kredibilitas ada pada partai politik maka rekrutlah caleg yang tepat, imbuhnya.

Integritas menjadi hal penting guna wujudkan pilleg dan pilpres 2019, yang oleh KPU telah beberkan data 416 caleg dari 16 parpol sambil menunggu penetapan pada 20 September mendatang dengan 549 tanggapan publik yang sudah diterima atas nama-nama caleg yang sudah dipublikasikan, ini membuktikan kerjasama dari semua pihak terutama masyarakat sehingga ke depannya disiapkan 464 TPS yang tersebar pada 19 distrik. (HumasBiakNumfor)

Pemerintah AS Kembangkan Fasilitas Penampungan Anak Imigran Ilegal di Tornilo

Posted: 11 Sep 2018 01:58 PM PDT

Pemerintah AS Kembangkan Fasilitas Penampungan Anak Imigran Ilegal di TorniloTEXAS, LELEMUKU.COM - Pemerintah Amerika Serikat akan memperpanjang pengembangan tempat penampungan sementara anak-anak imigran yang berlokasi di Texas Barat.

Menurut juru bicara dari Kementerian Kesehatan dan Layanan Kesehatan AS, fasilitas penampungan anak imigrasi di Tornilo, Texas akan ditambah hingga memiliki 3800 tempat tidur dari jumlah sebelumnya 360 tempat tidur.

Ditambahkan, sekitar 1400 tempat tidur lainnya akan dijadikan sebagai cadangan jika ada penambahan imigran anak yang menyebrang dari Meksiko tanpa surat izin imigrasi.

Pemerintah menyangkali jika pembangunan ini bertujuan agar penerapan kebijakan tanpa toleransi pada para pelintas batas ilegal ini berjalan.

Sebab hal ini sudah direncanakan jauh sebelum pemerintahan Trump. Sebab lokasi yang berada dekat dengan Kantor Perbatasan di El Paso ini sudah memiliki program pengembangan beberapa tahun kedepan.

Tempat ini sebelumnya menjadi kontroversi karena dijadikan sebagai tahanan anak-anak imigran yang dipisahkan secara paksa oleh pemerintah AS. Meski didemo beberapa kali oleh aktivis kemanusiaan, fasilitas ini tetap beroperasi dan berlanjut hingga kini. (Albert Batlayeri)

RSUD dr. Ben Mboi Ruteng Siap Layani Pasien Cuci Darah

Posted: 11 Sep 2018 01:54 PM PDT

RSUD dr. Ben Mboi Ruteng Siap Layani Pasien Cuci DarahRUTENG, LELEMUKU.COM - BLUD RSUD dr. Ben Mboi kini telah memiliki empat mesin hemodialisa dan jumlah mesin cuci darah tersebut akan bertambah dalam waktu dekat. Hal itu disampaikan oleh Direktur BLUD RSUD dr. Ben Mboi, dr. Elisabeth F. Adur dalam laporannya pada peresmian Unit Hemodialisis atau unit layanan cuci darah di RSUD Ruteng pada Senin (3/9). 

"Jadi, kalau ada pasien yang mau cuci darah sudah tidak kesulitan lagi. Selama ini, selalu ke RS Siloam di Labuan Bajo dan Denpasar. Sekarang RSUD Ruteng sudah ada alat cuci darah sehingga bisa membantu pasien cuci darah," paparnya.

Dijelaskannya juga bahwa kebutuhan unit cuci darah di RSUD Ruteng ini tersedia atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui BLUD RSUD dr. Ben Mboi dengan PT. Masa Cipta Husada. Menurut Dokter Ida, demikian Direktur RSUD dr. Ben Mboi ini biasa disapa, Unit Hemodialisis ini siap melayani pasien rawat jalan dan rawat inap, baik pasien umum maupun pasien BPJS.

Direktur PT. Masa Cipta Husada, Andreas Japar yang hadir dalam peresmian tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai yang telah memungkinkan kerja sama ini terjalin. 

"Kami sudah bekerja sama dengan sangat banyak rumah sakit dan RSUD Ruteng menjadi salah satu mitra kami. Tujuan utama kita adalah membantu pasien-pasien yang membutuhkan layanan cuci darah, agar lebih dekat sehingga risiko biayanya tidak terlalu besar," jelas Andreas.

Sementara itu, Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, SH, MH dalam sambutannya mengingatkan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan agar kehadiran unit layanan baru dapat berkontribusi nyata bagi terwujudnya misi kesehatan di Kabupaten Manggarai. 

"Ada garis komando, konsultasi, dan koordinasi dalam kerja-kerja pelayanan publik. Jika hal tersebut diperhatikan dengan baik maka kualitas pelayanan publik kita pasti akan berjalan dengan baik," tuturnya.

Ditambahkannya, kehadiran unit cuci darah atau hemodialisis di RSUD Ruteng terwujud atas kerja sama dengan pihak ketiga yakni PT. Masa Cipta Husada. 

"Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Manggarai, saya menyampaikan terima kasih kepada Pak Andreas dan timnya. Sementara itu, ke depan, jika ada pihak lain yang dapat menjadi penyedia untuk unit layanan lainnya, Rumah Sakit Ruteng siap bekerja sama. Yang ingin kita capai adalah agar seluruh kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Manggarai dapat diperoleh di RSUD Ruteng," paparnya.

Untuk diketahui, Unit Hemodialisis atau Unit Cuci Darah RSUD dr. Ben Mboi memiliki tim hemodialisis yang terdiri dari 1 orang dokter Spesialis Penyakit bersertifikat HD, 1 orang dokter Umum Pelaksana bersertifikat HD, sejumlah perawat mahir yang juga mengantongi sertifikat yang sama, tenaga administrasi/logistik dan teknisi serta tenaga pendukung lainnya yang mampu melaksanakan pelayanan yang berkualitas. (HumasProManggarai)

Satgas Nusantara Gelar FDG Pileg dan Pilpres 2019 di Biak Numfor

Posted: 11 Sep 2018 01:53 PM PDT

Satgas Nusantara Gelar FDG Pileg dan Pilpres 2019 di Biak NumforBIAK, LELEMUKU.COM - Kapolres Biak Numfor, Provinsi Papua AKBP Rachmad Amsori, S.,IK ada dalam Focus Group Discussion (FGD) bersama Plt.Bupati yang diwakili Sekretaris Kesbangpol Drs. Johanes Sanadi, Dandim 1708/BN Letkol Inf. D. C. A. soumokil, juga Ketua KPU Jackson Maryen bersama sejumlah stakeholder lainnya Rabu (5/9) bertempat di Asana Hotel yang diawali dengan doa oleh Ketua MUI ustadz Kamaruddin.

Dalam sambutan sekaligus pernyataan buka FGD evaluasi pengamanan pilkada 2018 dan konsolidasi menuju sukses pilleg dan pilpres 2019 yang aman, damai dan sejuk, Kapolres Rachmad Amsori nyatakan di Biak - Papua sudah dapat mengembalikan rawan 1 aman tanpa konflik, dan inilah keberhasilan untuk menjadi langkah awal pada pilleg dan pilpres.

Hal senada diakui Dandim 1708/BN Letkol Inf. D. C. A. soumokil dengan tetap mengandalkan Babinsa yang kurang lebih berjumlah 253 orang dan meyakini kalau orang Biak sangat cerdas sehingga pasti bersinergitas menciptakan dan mewujudkan pesta demokrasi dengan aman.

Sementara Ketua KPU Jackson Maryen yang mengakui sekalipun dengan tertatih-tatih, ada persoalan tapi Pilkada tetap jalan. Hal ini pantas saja KPU biak Numfor menjadi penyelenggara terbaik di Papua,tandas Jackson.

Diskusi berjalan cukup alot dengan mendengarkan saran, kritik dan masukan dari semua pihak yang terlibat dalam pilleg maupun pilpres yang kemudian ditanggapi oleh Sekretaris Kesbangpol Johanes Sanadi terutama terkait dengan pendanaan.

"Bapa Ibu terkait pendanaan akan dicari solusinya, karena semua sama tahu keberadaan Biak" jelas Sanadi. Kredibilitas ada pada partai politik maka rekrutlah caleg yang tepat, imbuhnya.

Integritas menjadi hal penting guna wujudkan pilleg dan pilpres 2019, yang oleh KPU telah beberkan data 416 caleg dari 16 parpol sambil menunggu penetapan pada 20 September mendatang dengan 549 tanggapan publik yang sudah diterima atas nama-nama caleg yang sudah dipublikasikan, ini membuktikan kerjasama dari semua pihak terutama masyarakat sehingga ke depannya disiapkan 464 TPS yang tersebar pada 19 distrik. (HumasBiakNumfor)

Setelah 13 Tahun Pembangunan, Herry Naap Resmikan Gedung Gereja GKI Getsemani Manwouw

Posted: 11 Sep 2018 01:34 PM PDT

Setelah 13 Tahun Pembangunan, Herry Naap Resmikan Gedung Gereja GKI Getsemani ManwouwBIAK, LELEMUKU.COM - Dengan cuaca yang bersahabat seolah menyambut acara peresmian dan pentahbisan gedung gereja baru jemaat GKI Getsemani Mandouw dengan megahnya sebagaimana dana yang dihabiskan Rp2 Milyar lebih yang dimulai dari halaman gereja hingga bersekutu di dalam gereja dengan berbagai puji-pujian yang dipersembahkan umat Tuhan sebagai tanda syukur dan kemuliaan bagi Nama-NYA.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Plt.Bupati Biak Numfor Herry Naap sekaligus pembukaan kain selubung nama gereja dilanjutkan penandatanganan prasasti juga selain oleh Anggota BP AM Wilayah III Biak - Supiori Pdt. Michael Kapisa mewakili Ketua Sinode GKI Di Tanah Papua diikuti dengan penyerahan kunci dari tukang kepada panitia pembangunan dilanjutkan ke ketua jemaat dan diteruskan ke sinode.

Terlihat suasana haru dari jemaat ketika seluruh hamba-hamba Tuhan (para pendeta, RED) mengangkat tangan dan mentahbiskan gedung gerja dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus setelah itu pembukaan pintu gedung gereja oleh BP AM Sinode Wilayah III Pdt. Michael Kapisa yang disambut dengan pujian Haleluya Agung dari paduan suara gabungan hingga prosesi memasuki gedung gereja dengan posisi terdepan majelis jemaat yang membawah seluruh alat-alat sakramen.

Proses pengerjaan gedung gereja jemaat GKI Getsemani Mandouw kurang lebih 13 tahun lamanya yang mana dimulai dengan peletakan batu pertama oleh mantan Gubernur Papua Yap Salosa (alm) pada 12 oktober 2005. Mulanya jemaat ini bernama Efata sebagai pecahan dari jemaat GKI Ruth Yenures dengan nama tempat "Mansekfwan" sejak tahun 1960, seiring dengan pertumbuhan jemaat maka pemilik hak ulayat bersepakat dengan gereja maka 12 Mei 1979 dilakukan peletakan batu pertama dan tepat 8 September 1985 diresmikan gereja baru dengan nama yang tadinya Efata menjadi Getsemani.

Sekilas sejarah ini disampaikan Pdt. Audra Prawar mengakhiri khotbahnya mengawali peresmian dan pentahbisan gedung gereja baru jemaat GKI Getsemani Mandouw Sabtu (8/9/2018) yang dilakukan di halaman gereja. I Raja-Raja 8 ayat 54-61 menjadi bahan renungan, "suara nyaring Salomo karena ada rasa bahagia. Sebagai umat berkumpul, meminta pengampunan dosa, minta berkat dari Allah, dan sebagai tempat mengajar injil" jelas Pdt Audra Parawar.

"Tuhan ingin agar berkat-Nya tetap di dalam jemaat Getsemani, imanilah setiap pekerjaan Allah tanpa bersungut-sungut" kata Audra mengingatkan jemaat yang hadir. (HumasBiakNumfor)

Hadapi Badai Florence, Donald Trump Prioritas Keamanan Warga AS

Posted: 11 Sep 2018 01:29 PM PDT

Hadapi Badai Florence, Donald Trump Prioritas Keamanan Warga ASWASHINGTON, LELEMUKU.COM - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengatakan keamanan warga Amerika Serikat adalah perhatian utama dirinya saat ini.

Hal ini diungkapkan terkait dengan Badai Florence yang siap menyerang wilayah Pantai Timur Amerika, terutama wilayah Virginia dan Maryland.

"Keamanan warga Amerika adalah prioritas utama saya. Sebagai kepala pemerintahan dari negara dan pemimpin negeri saya mengajak kita semua untuk bersiap-siap dan selalu waspada," ujar Trump dalam tweetnya pada Rabu (12/9).

Dikatakan, badai ini adalah terburuk setelah badai di Puerto Rico. Sebab sekitar 16 juta orang berpotensi terkena badai hujan ini.

"Kami belum pernah melihat badai yang seperti ini datang dalam waktu 25 atau 30 tahun terakhir ini, malah lebih lama dari itu. Badai ini sangat-sangat besar sekali," tambah Trump. (Albert Batlayeri)

Herry Naap Apresiasi Pembangunan Gedung Gereja GKI Getsemani Mandouw Biak

Posted: 11 Sep 2018 01:15 PM PDT

Herry Naap Apresiasi Pembangunan Gedung Gereja GKI Getsemani Mandouw BiakBIAK, LELEMUKU.COM - Bangunan gedung gereja Getsemani Mandouw yang kini berdiri megah dan memberikan keindahan juga bagi kota Biak menuai banyak pujian dari berbagai kalangan, begitupun dengan Plt.Bupati Herry Naap usai meresmikannya Sabtu (8/9) secara terang-terangan berikan apresiasi dan pujian,

"Bapak Ibu, saya salut dengan potensi warga jemaat sangat luar biasa terbukti dengan partisipasi dukungan topangan dalam pembiayaan hingga Rumah Tuhan berdiri dengan megah, mari kita berikan tepuk tangan bagi Tuhan" ujar Herry Naap saat memberikan sambutan.

"Pesan saya, kurang lebih 13 tahun proses pembangunan jadi jangan biarkan gereja ini kosong" imbuh Herry.

Sejalan dengan apresiasi di atas, Anggota BP AM Sinode GKI Di Tanah Papua wilayah IV yang terdiri dari Yapen, Waropen dan Mamberamo Raya, Pdt. Handry W.D.Kakiay dalam sambutannya mengingatkan kemitraan pemerintah dan gereja karena untuk tahun ini merupakan tahun pembinaan dan kesejahteraan.

"Pemda diminta terus mendukung gereja-gereja yang ada dengan membina keluarga, salah satunya hadir beribadah dalam rumah Tuhan karena tahun ini pembinaan dan kesejahteraan" kata Pdt.Handry.

Akhir sambutan Handry harapkan agar satu aset GKI (Getsemani Mandouw) berupa surat-suratnya dapat diserahkan kepada sinode tepat saat raker nanti.

Sebelumnya Anggota BP AM Sinode GKI Di Tanah Papua wilayah III Pdt. Michael Kapisa saat berkhotbah dalam ibadah yang dilaksanakan dalam gereja mendasari dengan Firman Tuhan dari Mazmur 84 ayat 1-13 dan Hagai 2 ayat 10. Hal yang harus dilakukan yakni bersyukur bagi Tuhan karena bisa berdiam dalam rumah -NYA, penghargaan atas iman kita, bersekutu dengan Tuhan, selain itu Kapisa juga ingatkan bahwa Gereja seharusnya dijadikan tempat kasih, pembangunan gereja berarti membangun diri sendiri menjadi bait Allah pintunya tetap dibuka.

Total jumlah dari donatur sebesar Rp.668.700.000 (enam ratus enam puluh delapan juta tujuh ratus ribu rupiah) sedangkan kontribusi dari warga jemaat dan panitia pembangunan Rp.1.472.615.900 (satu milyar empat ratus tujuh puluh dua juta enam ratus lima ribu sembilan ratus rupiah), dan dana yang terpakai untuk pembangunan sebesar Rp. 2.141.315.000 (dua milyar seratus empat puluh satu juta tiga ratus lima belas rupiah) sehingga patut menghaturkan banyak terimakasih bagi semua pihak tanpa menyebutkan nama satu per satu agar diberkati oleh Tuhan Yesus Kristus, hal ini dijabarkan dalam laporan panitia pembangunan yang dibacakan bendahara Ester Toding.

Berbagai puji-pujian dalam ibadah dari paduan suara, di antaranya ; Getsemani, Faiman Indo, Diaspora, PSA-LPPD Biak, dan Grace Voice yang disaksikan sejumlah pejabat, mulai dari Ketua, Wakil Ketua,Anggota DPRD Biak Numfor, Unsur Forkompinda, Pejabat TNI-POL, Ketua Klasis Sarmi Barat, Wakil Ketua Klasis Bonggo yang berakhir dengan jamuan kasih bersama. (HumasBiakNumfor)

Maksimalkan Pengelolaan Kasda, Pemkab Biak Numfor Kerjasama dengan 5 Institusi

Posted: 11 Sep 2018 01:02 PM PDT

Maksimalkan Pengelolaan Kasda, Pemkab Biak Numfor Kerjasama dengan 5 InstitusiBIAK, LELEMUKU.COM - Guna maksimalkan pengelolaan manajemen Kas Daerah (Kasda) Pemkab Biak Numfor pada Senin (10/9) bertempat di Sasana Krida lakukan penandatanganan kerjasama dengan 5 institusi yakni Bank Papua, BPJS Kesehatan, KKP Pratama, Perum Bulog dan KPPN.

Bank Papua Cabang Biak oleh Pincab Michael Kespo, BPJS Kesehatan Biak oleh Kabid Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Hardi Ariawan, KPP Pratama Biak oleh Kasie Pengawasan dan Konsultasi I Andrie Suryokamardi dan Kasie Pengawasan dan Konsultasi III Teguh Wiratno, Perum BULOG Sub Divre Biak oleh pimpinanya Amirullah, KPPN Biak oleh Plh. Yunan Rahmanto yang disaksikan Wakil Ketua DPRD Biak Numfor Godlief J.W.Kawer, serta sejumlah pejabat pemda dan pimpinan dari BUMN-BUMD.

Dalam sambutan Bupati yang disampaikan Sekda Markus O.Mansnembra mengucapan terimakasih dan apresiasi yang telah berkomitmen untuk ikut membantu pemerintah daerah khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah.

"Kami saat ini sedang bekerja keras memperbaiki pengelolaan keuangan daerah saat ini karena dari hasil audit keuangan 3 tahun berturut-turut mendapatkan opini "tidak berpendapat" atau disclaimer tapi kami tidak pesimis untuk mengevaluasi diri dan membuka diri bekerjasama dengan semua pihak, berbagai regulasi kami sudah lakukan untuk menata pengelolaan keuangan, namun tanpa komitmen maka semua itu sia – sia" terang Sekda Markus.

Penandatanganan perjanjian kerjasam Si Pena Mas (Optimalisasi Pengelolaan Manajemen Kas Pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Biak Numfor) ini diharapkan mampu mengoptimalkan pengelolaan manajemen kasda yang membantu kondisi keuangan dan tidak semata formalitas, mengingat hal ini juga menjadi proyek perubahan dari Sekretaris BPKAD Ana Komaling.

Dari 5 institusi yang diberikan kesempatan berbicara menyatakan komitmen yang tegas untuk mewujudkan komitmennya sesuai dengan isi perjanjian yang dituangkan bahkan dibacakan secara keseluruhan agar dimaknai untuk dipertanggungjawabkan bersama-sama. (HumasBiakNumfor)

Peletakkan Batu Pertama Situs Pekabaran Injil di Maudori Jadi Sinergitas Biak Numfor - Supiori

Posted: 11 Sep 2018 12:57 PM PDT

Peletakkan Batu Pertama Situs Pekabaran Injil di Maudori Jadi Sinergitas Biak Numfor - SupioriBIAK, LELEMUKU.COM - Menjadi pergumulan panjang semua masyarakat, baik dari Kabupaten Biak Numfor maupun Kabupaten Supiori, Provinsi Papua terhadap pembangunan situs pekabaran injil di Maudori, Klasis Supiori Utara yang diawali dengan peletakan batu pertama Kamis (6/9) oleh BP AM Sinode GKI Di Tanah Papua Wilayah III Pdt. Michael Kapisa, Sekda Biak Numfor Markus O.Mansnembra, Wabup Supiori Onesias Rumere, dan mewakili Dewan Adat Biak sekaligus pelantikan panitia pembangunan situs dimaksud disambut dengan hujan berkat.

Pdt. Michael Kapisa dalam sambutannya mengingatkan Pemda Biak dan Supiori untuk bersinergitas dan bersatu untuk pembangunan situs tersebut yang perlu ditopang doa semua umat yang ada agar tahun 2019 bulan April nanti saat pekabaran injil masuk di Maudori situs pekabaran injil ini sudah digunakan

Menanggapi pernyataan di atas, Sekda Biak Numfor Markus O.Mansnembra nyatakan siap mendukung pembangunan dan terkait besaran nanti ditentukan oleh Bupati Biak-Supiori. Hukum Maudori "tanpa alas kaki" jadi wajib dilakukan, tambah Sekda sambil senyum dan hal ini mendapat tepukan dari undangan dan masyarakat yang hadir.

Demikian juga dengan Wabup Supiori Onesias Rumere yang menyatakan siap mendukung pembangunan yang dilakukan mengingat sejarah panjang dari perintis injil yang perlu dicontohi.

Sebelumnya dilakuakan pelepasan hak atas tanah adat ulayat dari 7 kepala suku : Kafiar (kampung Napisndi), Sarawan (distrik Supiori Barat), dan untuk Kabupaten Supiori ada suku Rumainum, Rumabur, Fainsenem, Sawor untuk diserahkan kepada BP AM Sinode GKI Di Tanah Papua.

Rangkaian acara dilakukan dalam ibadah yang dipimpin Pdt. Brury Wutwensa dan diisi sejumlah puji-pujian, salah satunya paduan suara gabungan seluruh pendeta dari wilayah III Biak-Supiori, dan dari kapulauan Padaido Aimando.

Wakil Ketua DPRD Biak Numfor Godlief J.W.Kawer, wakil ketua DPRD Supiori jug turut hadir bersama sejumlah pejabat lainnya dari Biak dan Supiori. (DiskominfoBiakNumfor)

Richard Louhenapessy Ajak Tim Pelajari Konsep Pembangunan Kota Makassar

Posted: 11 Sep 2018 12:51 PM PDT

Richard Louhenapessy Ajak Tim Pelajari Konsep Pembangunan Kota MakassarMAKASSAR, LELEMUKU.COM - Walikota Ambon, Provinsi Maluku, Richard Louhenapessy, memboyong tim dari Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon ke Kota Makassar guna mempelajari konsep 'Sombere and Smart City', lewat pertemuan yang berlangsung di ruang Sipakatau, kantor balaikota Makassar, Senin (10/9).

Tim yang dipimpin Walikota Ambon ini terdiri dari Wakil Walikota (Wawali) Syarif Hadler, Sekretaris Kota (Sekot) A.G. Latuheru, Ketua DPRD Ambon James Maatita, Wakil Ketua DPRD Rustam Latupono dan Elly Toisuta; serta jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Ketua Fraksi di DPRD Kota Ambon, para Camat, serta beberapa kepala bidang dari instansi teknis terkait.

Rombongan Pemkot Ambon, secara langsung diterima oleh Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto atau yang akrab disapa Danny Pomanto, didampingi Wawali Makassar, Syamsu Rizal; Plt Sekda Kota Makassar, Hj. Naisyah T Azikin; serta jajaran pimpinan OPD.

Pada kesempatan itu, Walikota Ambon mengatakan, kedatangannya bersama rombongan dilatarbelakangi oleh kekagumannya atas perubahan luar biasa yang terjadi di Kota Makassar, lewat sentuhan tangan dingin Walikota, Danny Pomanto.

Walikota menambahkan, satu hal yang sudah pasti akan ditiru oleh Pemkot Ambon adalah dengan membuat ruangan pertemuan sama seperti ruang rapat milik Pemkot Makassar, yang berkonsep seperti studio teater. Hal lainnya yang juga akan dipelajari dan ditiru penerapannya di Kota Ambon, seperti di bidang persampahan, pemanfaatan lorong-lorong, adanya Satpol PP, Pariwisata, serta beberapa yang lain.

Terhadap hal ini, Walikota Makassar, dikesempatan yang sama secara langsung membuka dan memberikan peluang sebesar-besarnya kepada Pemkot Ambon untuk belajar dari Pemkot Makassar. Pihaknya dengan senang hati akan siap membantu dan memberikan dukungan penuh.

Walikota Makassar mengaku, kunjungan rombongan Pemkot Ambon ke Makassar, merupakan suatu kehormatan. Dan kunjungan ini lebih dirasakannya sebagai kunjungan dua kota bersaudara. (DiskominfoAmbom)

Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) Agendakan Temui Lukas Enembe

Posted: 11 Sep 2018 11:54 AM PDT

Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) Agendakan Temui Lukas EnembeJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Organisasi Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) Pusat dalam waktu dekat mengagendakan untuk bertemu Gubernur Lukas Enembe, guna menyatukan program kerja dalam rangka meningkatkan dunia usaha dan perekonomian masyarakat asli diatas tanah ini.

Menurut Ketua Umum KAPP Pusat Merry Yoweni pertemuan itu dipandang penting, sebab Gubernur Lukas dinilai sosok yang paling dominan mendorong organisasi tersebut, kian eksis belakangan ini, baik di Papua maupun Papua Barat.

"Gubernur Lukas merupakan pimpinan yang paling banyak memberikan perhatian terhadap organisasi pengusaha asli Papua ini. Untuk itu, kami merasa penting untuk bertemu pimpinan daerah kita, seraya mendiskusikan program kerja untuk kemajuan perekonomian masyarakat pengusaha diatas negeri ini," terang Merry di Jayapura, baru-baru ini.

Merry juga dalam beberapa kesempatan telah secara terbuka memastikan organisasinya siap mendukung pemerintahan dan kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe, dalam upaya memajukuan perekonomian bumi cenderawasih.

Pihaknya pun siap memastikan seluruh anggota KAPP agar turun lapangan memacu peningkatan ekonomi pengusaha asli Papua.

"Sebab pemerintah daerah memang butuh dunia usaha dalam memajukan ekonomi. Makanya, kita siap mendukung gubernur Lukas, lebih khusus dalam dibidang perekonomian."

"Sebab dukungan dari kami dunia usaha juga dipandang penting, karena kedua belah pihak saling membutuhkan satu dengan lainnya," terang dia di Jayapura, dalam satu kesempatan, belum lama ini.

Merry menambahkan, dunia usaha butuh pemerintah tapi sebaliknya, pemerintahan pun demikian sangat pengusaha. Makanya dia menilai sudah tepat langkah KAPP menunjang pemerintah daerah."

"Supaya juga upaya untuk memberdayakan pengusaha asli diatas tanah ini bisa terwujud. Dengan harapan, semakin banyak pengusaha asli Papua yang berkarya untuk membangun perekonomiannya sendiri, disitulah letak keberhasil pemerintah juga," ucap dia. (DiskominfoPapua)

Lukas Enembe Lantik Penjabat Bupati Deiyai

Posted: 11 Sep 2018 11:45 AM PDT

Lukas Enembe Lantik Penjabat Bupati DeiyaiJAYAPURA, LELEMUKU.COM- Penjabat Bupati Kabupaten Deiyai direncanakan bakal dilantik oleh Gubernur Papua Lukas Enembe sekitar pukul 10.00 Wit, di Gedug Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Senin (9/9).

Menurut Kepala Bagian Protokol Biro Humas Setda Papua, Gilberd Yakwart, pelantikan tersebut sudah sesuai dengan aturan perundang undangan dimana setelah masa jabatan bupati difinitif berakhir, maka perlu ditunjuk seorang penjabat untuk menjalankan roda pemerintahan di kabupaten itu.

"Sehingga dengan pelantikan ini, diharapkan pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di kabupaten itu tetap berjalan sebagaimana mestinya. Namun agenda Gubernur ini bisa berubah sewaktu-waktu."

"Tentunya dari pihak panitia sudah melakukan persiapan dan saat ini tinggal melakukan kegiatan inti saja. Namun tetap kami kembalikan kepada waktu dan kesediaan kepala daerah. Jika sesuai rencana kegiatan tetap dilangsungkan pagi ini," terang Gilberd kemarin.

Menurut dia, pelantikan Penjabat Bupati Deiyai merupakan agenda di hari pertama Gubernur Lukas Enembe melangsungkan kegiatan pemerintahan dan pembangunan. Tak hanya itu, pasca dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe - Klemen Tinal dijadwalkan pada hari yang sama, menghadiri apel pagi di Halaman Kantor Gubernur Dok II, Jayapura.

Gubernur Enembe dipastikan memberi arahan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah provinsi.

"Gubernur ingin menyampaikan sejumlah pemikirannya dengan harapan dapat diterjemahkan oleh para ASN, untuk selanjutnya beriringan mewujudkan pelaksanaan pembangunan sesuai visi dan misi bangkit, mandiri dan sejahtera berkeadilan.

"Makanya perlu kehadiran seluruh pegawai karena ini arahan pertama oleh Gubernur kepada ASN di periode keduanya memimpin Papua. Diharapkan seluruh Kepala SKPD agar dapat memantau dan mengimbau seluruh staf supaya bisa hadir dalam kegiatan itu," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, dia berharap para pegawai dapat hadir tepat waktu dan tak bolos. Sebab jangan sampai terulang kembali apel digelar dua kali, pagi dan siang di Halaman Kantor Gubernur bagi yang telat. (DiskominfoPapua)

Sambut Keberadaan Yonif Kabaressi, Warga Batugantung Serahkan Senpi

Posted: 11 Sep 2018 07:49 AM PDT

Sambut Keberadaan Yonif Kabaressi, Warga Batugantung Serahkan SenpiAMBON, LELEMUKU.COM - Warga Masyarakat Ambon menyambut baik keberadaan Satgas Yonif 731/Kabaresi yg berada di Kota Ambon.

Rasa cinta Kabaresi dan rasa kekeluargaan kepada warga Maluku secara umumnya dan Kota Ambon dalam melalui kegiatan Pembinaan Teritorial Satgas yang dilaksanakan melalui kegiatan Kemanusiaan dan Kegiatan kebersamaan Antara Kabaresi dengan Masyarakat yang selalu di tanamkan membuahkan hasil positif.

Salah satunya dengan diserahkannya 1 pucuk Senjata api standart laras panjang jenis SKS SIMONOV Kal. 7,62 mm buatan Rusia dengan no Jat S-103.100 dengan 7 butir munisi kepada Wadanpos 1/Waringin SSK IV Satgas pamrahwan Yonif 731/Kabaresi, Serda Adrianus Tahe pada Kamis (6/9).

Senjata yang diperoleh dari penyerahan secara Sukarela oleh masyarakat di Batugantung, Kelurahan Waenitu, Kecamatan Nusaniwe.

Keberhasilan tersebut didapat dari hasil penggalangan serta pendekatan oleh anggota Pos 1/Waringin SSK IV Satgas Pamrahwan Yonif 731/Kabaresi secara persuasif dan mengedepankan kearifan kultur dan budaya masyarakat setempat.

"Jadilah Prajurit Kabaresi yang di nantikan Keberadaan nya dan rasa nyaman di manapun Berada secara Khususnya di Kota Ambon wilayah SSK IV Satgas 731/Kabaresi bertugas dan selalu Mengutamakan Tindakan Persuasif dalam setiap tindakan," Ujar Komandan SSK 4, Lettu Inf Vikodey Andreas. (Penrem151)

Asep Setia Gunawan Tutup Pendidikan Pertama Tamtama di Rindam Pattimura

Posted: 11 Sep 2018 07:15 AM PDT

Asep Setia Gunawan Tutup Pendidikan Pertama Tamtama di Rindam PattimuraSULI, LELEMUKU.COM - Upacara penutupan pendidikan pertama Tamtama TNI AD Gelombang 1 Tahun Anggaran 2018 berlangsung di Lapangan Mako Rindam XVI/Pattimura di Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku, Sabtu (08/09).

Upacara penutupan ini dihadiri langsung dan ditutup oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan S.Ip. Tampak juga dilapangan sejumlah pejabat seperti Danrindam XVI/Pattimura Kolonel Inf Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung S.A.P, Kepala SPN Polda Maluku AKBP Agus Riyanto, para Asisten, Kabalak, Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura dan tamu undangan.

Sebanyak 314 siswa resmi menerima penanggalan tanda siswa, pemasangan tanda pangkat dan pengalungan medali langsung dari Kasdam XVI/Pattimura.  Penanggalan tanda siswa, pemasangan tanda pengkat, dan pengalungan medali, diwakili oleh Prajurit Dua Ismail yang merupakan lulusan terbaik pendidikan pertama Tamtama TNI AD Gel 1 TA 2018 Kodam XVI/Pattimura. Selain itu juga Prajurit Dua Hengki Saputra juara terbaik dalam bidang Sikap dan Perilaku dan Prajurit Dua Muhammad Syukur Tuharea terbaik dalam bidang Jasmani.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto dalam amanat yang dibacakan Kasdam mengatakan, sebagai Tamtama baru, diharapkan harus mampu menyesuaikan diri dengan kehidupan di lingkungan keprajuritan, baik dalam sikap maupun perilaku yang hendaknya selalu berpedoman pada nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 wajib TNI.

Pangdam juga menyampaikan kepada para orang tua prajurit, terima kasih atas dukungan, doa restu dan kepercayaannya yang telah diberikan kepada TNI AD untuk mendidik putra-putra Bapak dan Ibu sekalian sehingga menjadi Prajurit TNI AD yang dapat dibanggakan.

Pangdam berpesan kepada seluruh Prajurit "Tegakkan disiplin, etika dan moral keprajuritan sesuai dengan jati diri TNI yang senantiasa dilandasi oleh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan delapan wajib TNI".(Pendam16)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel