-->

Inpex Masela Rencana Revisi POD Pertama pada Awal 2019

Inpex Masela Rencana Revisi POD Pertama pada Awal 2019


Inpex Masela Rencana Revisi POD Pertama pada Awal 2019

Posted: 21 Nov 2018 02:32 PM PST

Inpex Masela Rencana Revisi POD Pertama Pada Awal 2019
JAKARTA, LELEMUKU.COM - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan pengajuan revisi rencana pengembangan Kilang LNG Lapangan Abadi, Blok Masela oleh Inpex Corporation di Pulau Yamdena, Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku akan rampung pada awal tahun 2019.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi, proyek Blok Masela dalam tahap finalisasi revisi rencana pengembangan atau plan of development (POD) tahap pertama setelah sebelumnya melakukan kajian awal desain awal atau pre-FEED.

Menurutnya, revisi POD I Blok Masela diterima oleh pihak SKK Migas pada akhir bulan November. Dokumen tersebut kemudian diserahkan kepada Menteri ESDM lgnasius Jonan pada pertengahan Desember 2018 sehingga persetujuan pengembangan Masela dapat ditandatangani pada akhir tahun ini.

"Masela itu dulu sudah diusulkan untuk offshore (kilang lepas pantai) kemudian diubah menjadi onshore (kilang LNG darat). Pada perubahan itu, lnpex kemudian membuat pre-FEED. Nah pre-FEED baru saja selesai Oktober 2018. Data pre-FEED kemudian menjadi dasar penyusunan POD 1. Inpex sedang finalisasi itu, jadi perlu waktu lama," katanya kepada Bisnis pada Senin (19/11).

Dikatakan, Inpex berencana mengajukan perpanjangan kontrak blok migas yang berada dilepas pantai di selatan Laut Arafura tersebut. Sebab kontrak mereka akan berakhir pada November 2028. Kontraktor Kerja dapat mengajukan perpanjangan kontrak blok migas paling cepat 10 tahun sebelum kontrak berakhir.

Senior Specialist Media Relations Inpex Corporation, Moch. Nunung Kurniawan membenarkan bahwa pihaknya memang sudah melakukan pembicaraan dengan Kementerian ESDM terkait dengan perpanjangan kontrak blok tersebut. Namun, katanya, pihak Inpex belum mengajukan secara resmi perpanjangan kontrak blok tersebut.

"Kami masih terus berdiskusi dengan Pemerintah Indonesia tentang proyek LNG Abadi. Kami belum bisa berkomentar lebih jauh untuk saat ini," kata Iwan.

Disisi lain, Kementerian ESDM menyatakan bahwa pemerintah telah menyetujui perpanjangan kontrak Blok Masela hingga 20 tahun ke depan. Dirjen Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM Djoko Siswanto menyebut bahwa pada prinsipnya pemerintah sepakat dengan perpanjangan Blok Masela meskipun perusahaan migas dari Jepang tersebut belum mengajukan perpanjangan kontrak secara resmi.

"Nanti 28 November 2028 berakhir. Jadi November 2018, Inpex sudah bisa mengajukan perpanjangan kontrak. Sudah ada pembicaraannya, nanti administrasi-nya 28 November 2018, prinsipnya kita oke," ungkap dia.

Siswanto mengatakan, dalam lawatan Menteri ESDM lgnasius Jonan ke Jepang beberapa waktu lalu, pemerintah telah meminta lnpex untuk segera menyelesaikan revisi POD tahap pertama.

"Tahun ini approval-nya. Pemerintah minta lnpex biar cepat mengajukan POD."

Soal insentif, dia mengatakan, hal itu akan dibahas setelah pembahasan mengenai biaya rampung seluruhnya. Proyek blok Masela dikelola oleh Inpex Masela Limited dengan komposisi saham partisipasi 65% dan Shell Up-stream Overseas Services Ltd. sebesar 35 persen. (BisnisIndonesia)

KPK RI Gelar Rapat Koordinasi Pencegahan Tipikor di Kota Sorong

Posted: 21 Nov 2018 01:06 PM PST

KPK RI Gelar Rapat Koordinasi Pencegahan Tipikor di Kota SorongSORONG, LELEMUKU.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK-RI) menggelar Rapat Koordinasi Program Pencegahan Tipikor Terinterigasi  dengan Pemerintah Kota Sorong, Provinsi Papua Barat (Pabar) pada Rabu (21/11) pagi di gedung Samusiret.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari  tanggal 21 dan 22 November 2018 dan dibuka oleh Wakil Walikota Sorong, dr, Hj. Pahima Iskandar dan dihadiri oleh Deputi pencegahan Tipikor KPK-RI, Pimpinan Forkopimda, pimpinan beserta anggota DPRD, dan pimpinan OPD Pemerintah Kota Sorong.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkuat komitmen pencegahan korupsi dan pembenahan tata kelola pemerintahan yang baik.

Dalam sambutan tertulisnya, Wakil walikota mengatakan bahwa program ini merupakan upaya KPK RI dalam mencegah aksi korupsi lebih dini sehingga kasus korupsi di Indonesia semakin turun.

"Kegiatan monitoring dan evalaluasi merupakan tindak lanjut program aksi pencegahan korupsi terinterigasi di wilayah Papua Barat. Dan merupakan hal yang sangat penting dalam upaya pencegahan dini (early warning) yang dilakukan oleh KPK-RI," ujar dia.

Imam Khanafi Gantikkan Joni Widodo Pimpin Kodim Labuha

Posted: 21 Nov 2018 12:52 PM PST

Imam Khanafi Gantikkan Joni Widodo Pimpin Kodim LabuhaTERNATE, LELEMUKU.COM - Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, S.I.P., M.M., memimpin serah terima jabatan Komandan Kodim 1509/Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) dari Letnan Kolonel Inf Joni Widodo, S.Sos kepada Letnan Kolonel Inf Imam Khanafi, S.Sos bertempat di Makorem 152/Babullah Jl. A.M. Kamarudin No. 1 Kel. Sangaji Ternate Utara pada Senin (19/11)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Dansat/Kabalak, Kasi/Pasi dan Perwira Staf jajaran Korem 152/Babullah, dalam kegiatan serah terima tersebut dilaksanakan prosesi pemasangan dan pelepasan tanda pangkat Letnan Kolonel berlist merah, tanda jabatan, serah terima tongkat komando hingga penciuman dhuaja Korem.

Dalam amanatnya Danrem menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setingg-tingginya kepada Letnan Kolonel Inf Joni Widodo, S.Sos beserta istri atas loyalitas serta dedikasi yang tinggi selama menjabat sebagai Dandim 1509/Labuha.

"Jaga terus komunikasi dengan keluarga Besar Korem 152/Babullah sehingga dimanapun kita berada silaturahmi dapat terjalin dengan baik," ucap Dandrem.

Selanjutnya kepada pejabat Dandim yang baru, Satoto mengharapkan agar segera menyesuaikan diri dengan tugas dan tanggung jawabnya serta program-program yang telah berjalan selama ini agar segera dilanjutkan serta laksanakan sinergitas dengan seluruh komponen bangsa yang ada di wilayah tanggung jawabnya.

Lebih lanjut Danrem menyampaikan bahwa pergantian jabatan di tubuh Angkatan Darat merupakan sesuatu yang lazim dan wajar dalam rangka penyegaran organisasi serta pembinaan karier Perwira sehingga tugas pokok satuan dapat tercapai secara maksimal.  Kegiatan dilanjutkan dengan acara ramah tamah di Gazebo Nuku Makorem. (Penrem152)

Endro Satoto Peringati Maulid Nabi Muhammad Bersama Keluarga Besar Korem Babullah

Posted: 21 Nov 2018 12:27 PM PST

Endro Satoto Peringati Maulid Nabi Muhammad Bersama Keluarga Besar Korem BabullahTERNATE, LELEMUKU.COM - Komando Resor Militer (Korem) 152/Babullah menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/ 2018 M bertempat di Masjid Al Ikhlas Makorem 152/Babullah Jl. A.M. Kamarudin No. 1 Kel. Sangaji Ternate Utara pada Selasa (20/11).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, S.I.P., M.M., Dandim 1501/Ternate Letkol Kav Bambang Sugiyarta, S.H., M.M., M.Tr (Han), Para Kabalak, Kasi/Pasi Korem, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 152 Ny. Diana Nurkartika Endro Satoto serta keluarga besar Korem 152/Babullah.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan pembacaan saritilawah dan himah maulid oleh Ustadz KH. Drs. Mohammad Abdullahm, M.M., yang menyampaikan ceramah  Rasulullah dengan kepribadiannya yang sempurna, telah memberikan suri tauladan kepada kita untuk memiliki semangat pantang menyerah dalam upaya menegakkan kebaikan dan mencegah kemungkaran.

"Upaya menegakkan hal-hal yang baik dan melarang hal-hal yang buruk, akan selalu kita hadapi dalam dinamika  kehidupan  kita  di dunia inikita diingatkan kembali untuk mensyukuri Ke Mahabesaran Ilahi yang telah mengutus  Nabi  Muhammad SAW untuk menyampaikan ajaran-ajaran Islam yang menjadi pedoman bagi kita dalam melaksanakan tugas dalam dimensi hablum minallah dan hablum minannas, yaitu hubungan vertikal manusia dengan Sang Peciptanya dan  hubungan horizontal antar sesama manusia, melalui peringatan Maulid ini, kita diingatkan pula untuk mawas diri sejauh mana kita telah mengaktualisasikan ajaran agama yang diwahyukan oleh Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW," ujar Ustadz Abdullahm.

Sementara itu dalam sambutannya Danrem 152/Babullah mengajak para jamaah yang hadir untuk mengambil hikmah dari Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yaitu dengan meneladani Nabi Muhammad SAW.

"Sebagai TNI harus menjadi TNI yang professional yaitu mampu melaksanakan tugas dengan baik, berfikir rasional, ikhlas, sesuai aturan dan sesuai yang diinginkan masyarakat, Bangsa dan Negara," ajak dia. 

Tema yang diambil dalam peringatan Maulid kali ini adalah "Jadikan Hikmah Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W Tahun 1440 H / 2018 M Sebagai Suri Tauladan Bagi Prajurit Dan Pns Tni Ad Yang Berjiwa Kesatria, Militan, Loyal, Profesional, Modern Dan Manunggal Dengan Rakyat". (Penrem 152)

Satgas Yonif 731 Bangun Rumah Pintar untuk Anak Gela

Posted: 21 Nov 2018 10:41 AM PST

Satgas Yonif 731 Bangun Rumah Pintar untuk Anak Gela
GELA, LELEMUKU.COM - Gebrakan Satgas Yonif 731/Kabaresi untuk anak-anak Desa Gela, Kecamatan Taliabu Utara, Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara dengan membuat Rumah Pintar.

Dalam misi bersama menuju Indonesia sejahtera, pintar, gemar membaca Satgas Pos 4 SSK-III/Gela. Rumah Pintar ini menjadi sarana penunjang pendidikan formal untuk masyarakat sekitar. Masyarakat dapat menggunakan Rumah Pintar sebagai tempat belajar, bermain dan berkreasi. Dan semuanya diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

Pembangunan Rumah Pintar menggunakan konsep cinta Indonesia dan bertemakan Anak-Anak. Bangunan dan sarana untuk mendidik anak-anak menggunakan dari papan kayu seadanya tetapi tetap mengutamkan kenyamanan para peserta didik.

Sebagai tenaga pengajarnya sendiri adalah Sertu Doni Kurniawan jabatan Danpos 4/III Gela bersama para Anggota lainnya yang mengusung program dalam Rumah Pintar ini diantaranya Taman Pengajian Qur'an, English Course (SD, SMP, SMA), Sekolah Minggu dan Pengenalan Provesi Bagi anak PAUD & TK

Rumah Pintar ini di dirikan dengan dana Swadaya dari Pos dan pihak desa setempat dan dalam proses pembangunannya sendiri di bantu oleh beberapa tenaga sukarela dari link Pos 4/III gela Satgas Yonif 731/Kabaresi.

"Program ini merupakan pusat pemberdayaan masyarakat sekitar guna meningkatkan taraf hidup menuju masyarakat sejahtera. Rumah Pintar sebagai sarana pemberdayaan masyarakat dapat mewadahi berbagai kegiatan dimulai dari pendidikan anak usia dini, remaja, kaum perempuan juga kelompok lanjut usia. Diharapkan melalui Rumah Pintar terbangun masyarakat cerdas, inovatif, kreatif, mandiri yang sejahtera," ujar Danpos 4/III Gela Sertu Doni Kurniawan.

Diharapkan untuk kegiatan belajar mengajar ini akan lebih meningkatkan kualitas pendidikan yang secara sarana dan prasarana masih tertinggal dengan daerah yang berada di perkotaan. Dan sekalian merubah paradigma masyarakat tentang TNI yang cenderung keras, bahwa TNI berasal dari rakyat untuk rakyat."Bersama Rakyat TNI Kuat. (Penrem162)

Selain Amerika Serikat, Thanksgiving Dirayakan di Berbagai Negara

Posted: 21 Nov 2018 10:19 AM PST

Selain Amerika Serikat, Thanksgiving Dirayakan di Berbagai Negara
WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Amerika Serikat bukan satu-satunya negara yang merayakan Hari Bersyukur (Thanksgiving). Perayaan serupa juga berlangsung di Kanada, Grenada, Liberia, Jepang dan Jerman.

Di Kanada, hari libur nasional ini diperingati setiap Senin kedua bulan Oktober.

Di Grenada, Hari Bersyukur dirayakan setiap tanggal 25 Oktober. Hari itu ditujukan untuk memperingati invasi pimpinan AS di Grenada, dimulai pada tanggal itu pada tahun 1983 dan berhasil memulihkan kestabilan politik di negara itu.

Di Liberia, Hari Bersyukur diperingati setiap Kamis pertama bulan November. Tradisi ini serupa dengan peringatan Hari Bersyukur di AS yang berlangsung pada Kamis keempat bulan November.

Di Jepang, Hari Bersyukur dirayakan pada 23 November, dan dinamakan Hari Bersyukur Pekerja. Hari libur itu, yang biasa menandai awal festival musim gugur, juga ditujukan untuk memperingati sumbangsih para pekerja Jepang.

Di Jerman, Hari Bersyukur yang dikenal sebagai Erntedank, dirayakan pada hari Minggu pertama bulan Oktober. Awalnya hari itu ditujukan untuk memperingati masa panen, namun belakangan lebih diperingati sebagai hari libur keagamaan. (VOA)

Prabowo Ingin Generasi Muda Indonesia Jadi Tukang Ojek

Posted: 21 Nov 2018 10:13 AM PST

Prabowo Ingin Generasi Muda Indonesia Jadi Tukang Ojek
JAKARTA, LELEMUKU.COM - Calon Presiden nomor urut dua Prabowo Subianto mengatakan sumber daya manusia (SDM) Indonesia kurang bisa bersaing dengan negara lainnya. Apalagi muncul meme di internet yang menyebutkan, bahwa mayoritas generasi muda di Indonesia memilih menjadi tukang ojek selepas lulus SMA. Dia mengatakan meme tersebut merupakan kenyataan yang dihadapi oleh anak muda Indonesia, karena tingginya biaya untuk kuliah di Perguruan Tinggi.

"Saya ingin mengakhiri presentasi ini dengan realita yang sedih namun juga kejam. Ini adalah meme yang sedang tersebar di internet. Jalur karier seorang anak muda Indonesia. Yang paling kanan adalah topi Sekolah Dasar, topi Sekolah Menengah Pertama dan setelah dia lulus dari Sekolah Menengah Atas, dia menjadi supir ojek, ini adalah realita yang kejam," kata Prabowo.

Hal tersebut Prabowo sampaikan pada acara Indonesia Economic Forum, di Shangri-La Hotel, Jakarta, Rabu (21/11).

Prabowo menjelaskan, hal tersebut dikarenakan beberapa indikator. Salah satunya, indeks pembangunan manusia Indonesia berada pada ranking 113, masih kalah dari negara tetangga seperti Singapura dan Thailand.

Prabowo juga menyinggung tentang masih banyaknya bayi di Indonesia yang mengalami stunting. Dia mengatakan, beberapa indikator tersebut menunjukkan SDM Indonesia banyak yang tidak cukup sehat sehingga kurang bisa bersaing dengan negara lain.

"Ini indikator bahwa SDMkita malnourished. Tidak cukup protein, dan lain-lain. Saya sebagai WNI, saya sangat sedih.Stunted childrenberjuang untuk sekolah," kata Prabowo.

Karena itu, jika terpilih menjadi Presiden RI, dia akan berjuang keras untuk bisa membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi generasi muda, agar mereka bisa mempunyai profesi yang membanggakan seperti pengusaha, insinyur, pilot, bisa mempunyai kafe, perusahaan, atau perkebunan, dan bukan berakhir menjadi kuli di negeri sendiri seperti menjadi tukang ojek.

Selain itu dirinya juga akan berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup dan pendidikan bagi anak-anak Indonesia.

Dalam acara yang sama, calon wakil presiden nomor urut dua, Sandiaga Uno menargetkan jika dirinya dan Prabowo terpilih akan tercipta 10unicorn startup(perusahaan rintisan bernilai lebih dari 1 miliar dolar) dalam waktu tiga tahun. Sandi optimistis hal tersebut bisa tercapai dengan banyaknya orang muda di Indonesia yang berpotensi dan pasar yang cukup besar di Indonesia.

Maka dari itu, lanjut Sandi, nantinya dibutuhkan kebijakan yang mempermudah berkembangnyaunicorn startuptersebut. Dia menyebut contoh empatunicorn startup di Indonesia yaitu Gojek, Traveloka, Buka Lapak dan Tokopedia yang mampu membuka jutaan lapangan kerja di Indonesia.

"Dan ini saya rasa sebagai salah satu potensi yang dimilikistartup dansatustartupini bisa membuka lapangan pekerjaan paling tidak tiga sampai empat. Dan kalau kita punya 10 ribustartup yang bisa fokus di IT maupun di beberapa solusi yang dibutuhkan ekonomi Indonesia, kita rasio suksesnya akan menghadirkan 30unicorns atau 10unicorns yang ingin kita tembus dalam tiga tahun pertama," kata Sandi.

Menurutnya, saat ini pemerintah masih dianggap kurang memperhatikanunicorn startup tersebut, baik dari sisi regulasi atau kebijakan maupun dari sisi akses permodalan. Meskipun syarat nilai valuasi satuunicorn startup ini harus mencapai 1 miliar dolar atau Rp15 triliun, Sandi tetap optimistis bakal banyak bermunculanunicorn startupdi Indonesia karena ada potensi, ide yang baik serta market yang besar.

Menanggapi hal ini Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding menampik pernyataan Prabowo tersebut. Selama pemerintahan Jokowi-JK sekarang ini, kata Abdul, pemerintah sudah senantiasa meningkatkan kualitas SDM Indonesia dan kualitas pendidikan.

Dia mencontohkan, pada era pemerintahan Jokowi-JK angka stunting sudah berkurang dari 38 persen menjadi 30 persen. Menurutnya pengurangan angka delapan persen stunting tersebut merupakan penurunan yang cukup signifikan.

Selain itu, pemerintah juga sudah melakukan perbaikan sistem pendidikan vokasi yang akan menjadikan SDM Indonesia siap terjun ke dunia kerja sehingga jumlah pengangguran pun akan semakin berkurang.

"Pemerintah telah melakukan perbaikan dari sisi sistem pendidikan dan vokasi kita. Jadi sistem pendidikan ke depan sedang didorong agar antara kampus kemudian organisasi semacam Hipmi atau Kadin dan perusahaan itu duduk bersama menyusun kurikulum kerja. Sehingga output pendidikan yang berupa siswa ke depan itu bisa langsung terserap dalam dunia kerja. Begitu pula sistem magang kita jangan seperti hari ini, magang itu seperti model ambil kopi, urus administrasi. Ke depan itu, kalau perlu magang itu di bayar oleh perusahaan, sehingga anak-anak yang magang itu betul-betul mendapatkan skill, ilmu dan sebagainya," jelas Abdul.

Ditambahkannya, pemerintah selama ini juga terus melakukan pembangunan infrastruktur pendidikan yang sangat penting, salah satunya adalah meningkatkan kualitas guru yang orientasinya kepada pembangunanskillserta penguasaan teknologi.

Abdul menegaskan, dengan berbagai cara yang telah dilakukan oleh pemerintah tersebut, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia dari waktu ke waktu terus mengalami perbaikan. Walaupun masih tertinggal dari negara tetangga Singapura, Abdul yakin bahwa kelak SDM Indonesia akan lebih baik sehingga bisa bersaing dengan SDM dari negara lain. (VOA)

Jokowi Belum Tentukan Pengganti Amien Sunaryadi di SKK Migas

Posted: 21 Nov 2018 10:05 AM PST

Jokowi Belum Tentukan Pengganti Amien Sunaryadi di SKK Migas
JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo sampai hari ini belum juga menentukan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) yang baru.

Padahal jabatan Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi sudah habis sejak Minggu (18/11) lalu. Praktis SKK Migas sampai hari ini tidak ada yang memimpin.

Asal tahu saja, saat ini SKK Migas sedang sibuk merancang work plan and budgeting (WP&B). Apalagi ada plan of development (POD) yang akan masuk dalam pekan ini. Misalnya POD Blok Masela dan POD IDD Chevron. Padahal jika ada POD masuk harus ada tandatangan Kepala SKK Migas.

Beberapa waktu lalu, Amien Sunaryadi mengatakan bahwa Minggu (18/11) adalah hari terakhir dirinya di SKK Migas.

"Tanggal 18 memang hari terakhir saya," ucap Amien Sunaryadi.

Juru Bicara Kementerian ESDM Agung Pribadi juga belum mengetahui soal Kepala SKK Migas yang baru.

"Belum ada hilal," ujarnya singkat, Rabu (21/11).

Sementara itu, Juru Bicara SKK Migas Wisnu Wibawa Taher mengatakan meski belum ada Kepala SKK Migas yang baru tetap ada manajemen yang akan menjalankan organisasi. Selain itu juga dirinya tidak tahu siapa yang akan ditunjuk menjadi Kepala SKK Migas yang baru.

"Belum ada (pengganti)," ujarnya.

Apakah Presiden kesulitan mencari pengganti Amien Sunaryadi.

"No Comment," kata dia. (Kontan)

Inilah Pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik Kegiatan Hulu Migas 2018 di Papua dan Maluku

Posted: 21 Nov 2018 09:43 AM PST

Inilah Pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik Kegiatan Hulu Migas 2018 di Papua dan Maluku
MANOKWARI, LELEMUKU.COM - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) mengumumkan pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik 2018, Rabu (21/11), di Manokwari, Provinsi Papua Barat.  Ini adalah puncak rangkaian lomba yang prosesnya diawali pertengahan tahun ini.

A. Rinto Pudyantoro, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku (Pamalu), mengatakan lomba ini adalah wujud apresiasi atas usaha jurnalis-jurnalis di Pamalu dalam memberikan informasi terkini kepada publik tentang industri hulu migas di wilayah ini.

"Kami menyadari bahwa media adalah salah satu stakeholders terdekat kami. Media membantu menjembatani komunikasi kami dengan publik," ujarnya.

Lomba Karya Tulis Jurnalistik 2018 ini terselenggara atas kerja sama SKK Migas dengan Kontraktor KKS yang beroperasi di wilayah Pamalu.

Lomba Karya Tulis Jurnalistik 2018 memiliki dua kategori yaitu Straight News dan Kategori Feature. Pemenang Kategori Straight News adalah Laura Sobuber dari Lelemuku.com (Juara I); Elyas Estrada dari Cahaya Papua (Juara II), dan Simon Lolonlun dari Dhara Pos (Juara III).

Sedangkan pemenang Kategori Feature adalah Adlu Raharusun dari Cahaya Papua (Juara I), Elyas Estrada dari Cahaya Papua (Juara II), Henri V. Sitinjak dari Tabura Pos (Juara III); dan John Nikita Sahusilawane dari Antara Maluku (Juara Harapan).

Kepala Departemen Humas SKK Migas Wilayah Pamalu Galih W. Agusetiawan mengapresiasi pemenang dan semua peserta lomba.

"Tulisan-tulisan yang masuk merupakan hasil proses panjang dari kunjungan lapangan, media gathering, dan tentunya pekerjaan liputan yang dilakukan sendiri oleh teman-teman media. Kami sangat mengapresiasi upaya tersebut," ujar Galih.

Ada 3 orang yang menjadi juri dalam Lomba Karya Tulis Jurnalistik itu, diantaranya Alfian dari Spesialis Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Kristanto Hartadi dari Head of Media Relations Total E&P Indonesie yang pernah menjadi Pimpinan Redaksi (Pimred) Sinar Harapan, serta Nurseffi Dwi Wahyuni yang menjabat sebagai Redaktur Pelaksanan (Redpel) Rubrik Bisnis dan Teknologi pada media Liputan6.com (HumasSKKMigas)

Kecelakaan Depan Kantor PLN Entrop, Pengendara Tewas Setelah Dilarikan ke RSUD

Posted: 21 Nov 2018 08:10 AM PST


JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Seorang pengendara motor Wilson Yeuw (28) tewas setelah dilarikan ke RSUD Angkatan Laut Hamadi usai terjadi kecelakaan maut antara motor yang dikendarainya dengan mobil Hilux tepatnya didepan kantor PLN Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Provinsi Papua pada Rabu (21/11) dinihari.

Dari siaran pers yang diterima Lelemuku.com, saksi mata Irfan Al Ammatar (32) menjelaskan kejadian bermula saat pengendara mobil Hilux yang tidak diketahui pengendaranya melaju dari arah Jayapura tujuan Abepura sedangkan korban yang mengendarai motornya dengan nopol DS 5124 AQ melaju dari arah berlawanan.

Sesampainya di TKP Pengendara Mobil Toyota Hilux tidak bisa mengendalikan kendaraan yang dibawanya sehingga mobil tersebut keluar jalur dan menabrak korban yang saat itu sedang mengendarai motor hingga korban terhempas ke bahu jalan.

Atas kejadian tersebut pengendara Sepeda Motor Spin mengalami luka berat dan meninggal dunia dalam perjalanan ke Rumah Sakit AL Hamadi oleh unit lantas Polsek Jayapura Selatan serta mengamankan BB berupa motor korban yang diketahui berjenis Zusuki Spin dengan nopol DS 5124 AQ, sedangkan Mobil Toyota Hilux dengan nopol DS 8104 AC yang saat ini masih dilakukan penyelidikan Kepemilikan kendaraan tersebut.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal membenarkan kejadian tersebut. Kini kasus tersebut telah ditangani untuk mencari pelaku penabrakan oleh Unit lantas Polsek Jayapura Selatan.

"Sementara kasus tersebut dalam penanganan Unit Lalu Lintas Polsek Jayapura Selatan," kata Kamal. (Ricky Lodar)

Supra Tabrak Dyna di Timika, 1 Meninggal 1 Kritis

Posted: 21 Nov 2018 08:04 AM PST


Supra Tabrak Dyna di Timika, 1 Meninggal 1 Kritis
TIMIKA, LELEMUKU.COM - Carles Dekme, warga Jalan Baru, Timika tewas ditempat, sedangkan rekannya Petrus Alomang warga Jalan Irigasi mengalami kritis dan harus dilarikan ke RSMM untuk mendapat penanganan intensif oleh petugas medis setelah terjadi kecelakaan antara motor yang dikendarainya dengan truk yang dikendarai oleh Arthur Lolok (32), Rabu (21/11) sekira pukul 11.45 Wit di Jalan Poros SP 5 depan Sekolah KPG, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Dari siaran pers yang diterima media Lelemuku.com menjelaskan, kejadian bermula saat motor yang dikendarai oleh korban melaju dari arah SP2 tujuan Irigasi, sedangkan Mobil Truck yang dikemudikan oleh pelaku melaju dari jalan Irigasi tujuan jalan SP 2 Karitas.

Sesampainya di TKP pengendara motor yang terlalu mengambil jalur mobil Truck Dyna yang melintas pada saat itu tidak bisa menghindar sehingga kecelakaanpun tidak bisa terhindarkan saat itu hingga membuat korban menabrak lampu bagian kanan depan mobil hingga mobil hancur dan korban terpental ke jalan.

Akibat kejadian tersebut pengendara sepeda motor mengalami patah kaki kanan, robek pada dada kanan, dada kiri, lubang pada pipi kanan dan meninggal dunia dilokasi kejadian, sedangkan rekannya mengalami patah pada punggung kanan, patah pada tulang kaki kiri dan luka robek di kepala bagian kanan sehingga langsung di evakuasi ke RSMM guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Untuk pengemudi Truck Dyna warna kuning tidak mengalami luka dan telah diamankan di Polres Mimika guna pemeriksaan lebih lanjut. Diketahui truk tersebut berjenis Mitshubishi Dyna berwarna Kuning dengan nopol DS.9524 MB, sedangkan motor berjenis Honda Supra Fit tanpa nopol.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal membenarkan kejadian tersebut dan saat ini kasus kecelakaan maut itu kini ditangani Sat Lantas Polres Mimika.

"Sementara kasus tersebut dalam penanganan Satuan Lalu Lintas Polres Mimika," kata Kamal. (Ricky Lodar)

SKK Migas Selalu Evaluasi Kepatuhan Kontraktor KKS di Maluku dan Papua

Posted: 21 Nov 2018 06:56 AM PST

SKK Migas Selalu Evaluasi Kepatuhan Kontraktor KKS di Maluku dan Papua
MANOKWARI, LELEMUKU.COM - Kepala Perwakilan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Wilayah Papua dan Maluku, A. Rinto Pudyantoro menyatakan pihaknya selalu melakukan evaluasi tingkat kepatuhan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKS) terhadap peraturan pemerintah.

Dikatakan, dalam rangka mengevaluasi tingkat kepatuhan terhadap peraturan dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup sejak 2002, Kontraktor KKS dibawah pengawasan SKK Migas telah mengikuti Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK).

"Penilaian ini menjadi salah satu indikator bagaimana industri hulu migas dapat melakukan proses bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap persoalan lingkungan dan masyarakat," ungkap Rinto pada Focus Group Discussion terkait Advokasi Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) Penetapan Provinsi Konservasi kepada Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat di Hotel Aston Niu Manokwari, Rabu (21/11).

Ditegaskan, industri hulu migas berkormitmen mencegah dan mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan melalui penerapan sistem manajemen mutu sebagai sebuah kesatuan utuh yang tidak terpisahkan.

"Proses bisnis hulu migas dari awal sampai akhir mensyaratkan kontraktor KKS untuk memenuhi sejumlah dokumen teknis terkait aspek pengelolaan lingkungan," kata dia.

Sembari mencontohkasn ketika Kontraktor KKS akan mulai mengoperasikan suatu blok migas. SKK Migas mewajibkan kontraktor tersebut untuk melalukan kajian awal melalui penyusunan Rona Lingkungan Awal atau Enviromental Baseline Assesment (EBA).

"Studi ini akan menginformasikan daya dukung lingkungan permukaan untuk kegiatan eksporasi dan produksi migas . Beberapa dokumen terknis serupa dipersyaratkan pada semua tahapan bisnis hulu migas," jelas Rinto.

Selanjutnya ia menyatakan, SKK Migas bersama 8 Kontraktor KKS di Tanah Papua mengharapkan agar penetapan status Provinsi Konservasi di dua provinsi ini dapat memperhatikan keseimbangan dan memberikan keuntungan optimal bagi semua pihak.
Sebab jika potensi migas di Papua dan Papua Barat yang besar dari itu dihalangi dengan menggunakan  alasan konservasi.

Akibatnya pembangunan akan terhambat, pemda dan masyarakat tidak bisa menikmati dampak ekonomi dari hadirnya kegiatan hulu migas.

"Jangan salah paham ya, SKK Migas bukan tidak setuju penerapan konservasi bagi Papua dan Papua Barat. Secara prinsip kami mendukung. Namun diharapkan ditemukan titik keseimbangan antara konservasi dengan pembangunan ekonomi masyarakat Papua dan manfaatnya yang optimal bagi masyarakat. Sebab Kontraktor KKS ini berkontribusi menyuplai energi dan pemerintah daerah melalui dana bagi hasil migas dan menyerap tenaga kerja dari daerah," beber Rinto. (Laura Sobuber)

Lahan Tebu Dekat Kilang LNG Abadi Masela Milik Setya Novanto

Posted: 21 Nov 2018 06:13 AM PST

Lahan Tebu Dekat Kilang LNG Abadi Masela Milik Setya Novanto
JAKARTA, LELEMUKU.COM - Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi menyatakan bahwa lahan tebu dekat lokasi yang direncanakan menjadi kilang LNG Abadi oleh Inpex Masela Ltd di Pulau Yamdena, Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku merupakan lahan milik politisi dari Partai Golkar, Setya Novanto.

"SKK Migas sudah koordinasi sama Kementerian ESDM, Kementerian Agrarian dan Tata Ruang, Gubernur, Bupati. Sudah kita jagain tuh lahan Masela. Eh belakangan saya baru tahu, ada lahan luas katanya mau ditanam pohon tebu dekat lahan untuk fasilitas produksi. Saya baru tahu itu lahan Setya Novanto, tapi itu lahan bukan punya dia, dia dapat rekomendasi sebelumnya," ungkap dia seperti diberitakan Kontan pada Senin (19/11).

Dikatakan  Amien, persoalan lahan Kilang LNG Blok Masela telah muncul sejak diubah dari kilang apung (FLNG) menjadi kilang darat (onshore). Sebab tidak sedikit yang bergerilya untuk menguasai lahan di mana fasiitas produksi Lapangan Abadi akan dibangun.

Amien juga menjelaskan, sejauh ini proyek dengan operator dari perusahaan migas asal Jepang, Inpex Masela ini sudah ada kemajuan karena pekan depan perusahaan sudah bisa mengajukan plan of development (POD) revisi. Inpex meminta perpanjangan tujuh tahun plus 20 tahun.

"Secara verbal sudah kami kasih perpanjangan 20 tahun, tapi submit dulu PODnya," terang Amien.

Sebelumnya Inpex Masela menyatakan lokasi kilang gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) yang akan dibangun di Pulau Yamdena masih belum ditetapkan. Sebab pihaknya harus menunggu putusan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan disampaikan melalui SKK Migas.

"Saat ini lokasi kilang LNG Abadi Masela belum diputuskan. Keputusan terkait lokasi kilang akan tertuang didalam Plan of Development (POD) atau Rencana Pengembangan. Setelah persetujuan atas POD diperoleh dari pemerintah, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) akan dimulai dengan melakukan konsultasi publik," ujar Senior Specialist Media Relations Inpex Corporation, Moch N.Kurniawan melalui rilis yang diterima Lelemuku.com pada Sabtu (17/11).

Dikatakan, pihaknya akan melaksanakan Amdal Pengembangan Lapangan Gas Abadi di Blok Masela, termasuk di dalamnya rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan berdasarkan standar regulasi nasional dan standar kinerja internasional yang disebut dengan International Finance Corp Performance Standard (IFC-PS). Hal ini dilakukan untuk melindungi masyarakat, lingkungan, cagar budaya dan hal-hal yang berkaitan.

"Dalam proses Amdal, kami akan  mengidentifikasi dampak terhadap  masyarakat, lingkungan, cagar budaya dan lain-lain dengan adanya proyek LNG Abadi Masela ini," papar dia. (Albert Batlayeri)

SKK Migas Harapkan Advokasi Perdasus Penetapan Provinsi Konservasi

Posted: 20 Nov 2018 09:38 PM PST

SKK Migas Harapkan Advokasi Perdasus Penetapan Provinsi Konservasi
MANOKWARI, LELEMUKU.COM -  Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menggelar Focus Group Discussion terkait Advokasi Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) Penetapan Provinsi Konservasi kepada Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat di Hotel Aston Niu Manokwari, Rabu (21/11).

Dalam kegiatan tersebut SKK Migas bersama para pelaku industri hulu migas di Tanah Papua mengharapkan agar penetapan status Provinsi Konservasi dapat memperhatikan keseimbangan dan memberikan keuntungan optimal bagi semua pihak. Baik untuk pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat adat dan para pelaku bisnis, termasuk bagi kegiatan usaha hulu migas yang dilakukan SKK Migas yang mengelola proyek milik negara di dua provinsi tersebut.

"Jangan salah paham ya, SKK Migas bukan tidak setuju penerapan konservasi bagi Papua dan Papua Barat. Secara prinsip kami mendukung. Namun diharapkan ditemukan titik keseimbangan antara konservasi dengan pembangunan ekonomi masyarakat Papua dan manfaatnya yang optimal bagi masyarakat," ujar Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku, A. Rinto Pudyantoro saat membuka FDG tersebut.

Dikatakan, saat ini Provinsi Papua Barat terdapat 6 Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKS) yang sedang beroperasi dan semuanya sudah memasuki tahap produksi. Sedangkan di Papua terdapat 2 kontraktor KKS dan keduanya masih dalam tahap eksplorasi.

Namun potensi migas di Papua dan Papua Barat lebih besar dari itu akan terhambat jika tertutupi konservasi maka Pemda dan masyarakat tidak bisa menikmati dampak ekonomi dari hadirnya kegiatan hulu migas.

"Kontraktor KKS ini berkontribusi menyuplai energi dan pemerintah daerah melalui dana bagi hasil migas dan menyerap tenaga kerja dari daerah," kata Rinto.

Ditegaskan, industri hulu migas berkormitmen mencegah dan mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan melalui penerapan sistem manajemen mutu sebagai sebuah kesatuan utuh yang tidak terpisahkan.

"Proses bisnis hulu migas dari awal sampai akhir mensyaratkan kontraktor KKS untuk memenuhi sejumlah dokumen teknis terkait aspek pengelolaan lingkungan," kata dia.

Sembari mencontohkasn ketika Kontraktor KKS akan mulai mengoperasikan suatu blok migas. SKK Migas mewajibkan kontraktor tersebut untuk melalukan kajian awal melalui penyusunan Rona Lingkungan Awal atau Enviromental Baseline Assesment (EBA).

"Studi ini akan menginformasikan daya dukung lingkungan permukaan untuk kegiatan eksporasi dan produksi migas . Beberapa dokumen terknis serupa dipersyaratkan pada semua tahapan bisnis hulu migas," jelas Rinto.

Acara itu sendiri dihadiri oleh beberapa narasumber diantranya Anggota DPRD Papua Barat, Imanuel Yenu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih (Uncen), Dr Mesak Lek, Kepala Seksi Provinsi Papua Barat pada Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Rimon AM. Siregar, Kepala Departemen Humas SKK Migas Perwakilan Papua dan Maluku Galih W. Agusetiawan, Kepala Seksi Perairan Yuridiksi pada Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pingkan K. Roeroe dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada Universitas Negeri Papua (Unipa) Ir Achmad Rochani. (Laura Sobuber)

Diskominfo dan Persandian Kota Ambon Presentasikan Majalah Tabea ke BI Maluku

Posted: 20 Nov 2018 07:58 PM PST

Diskominfo dan Persandian Kota Ambon Presentasikan Majalah Tabea ke BI MalukuAMBON, LELEMUKU.COM – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Maluku mengundang Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon dalam pertemuan bertemakan knowledge sharing pembuatan majalah, bertempat di ruang pertemuan BI, Jln. Pattimura-Ambon pada Minggu (19/11).

Pertemuan dihadiri oleh Kadis Diskominfo dan Persandian Kota Ambon, J. R. Adriaansz sebagai narasumber didampingi jajaran yang membidangi Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kepala Tim Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Andy Setyo Biwado beserta jajarannya.

Pertemuan digelar dikarenakan ketertarikan BI terhadap salah satu Produk Publikasi Pemkot Ambon berupa majalah Tabea. Andy dalam paparannya jelaskan, majalah Tabea menurut BI merupakan media publikasi milik Pemerintah Kota Ambon yang informatif dengan desain yang menarik.

"Bank Indonesia perwakilan Maluku bermaksud untuk memproduksi majalah yang menginformasikan setiap aktivitas internal BI. Oleh karena itu, kami berharap kehadiran Diskominfo Pemkot Ambon dapat berbagi pengetahuan bagaimana merancang hingga  memproduksi majalah tabea," terangnya.

Kadis Kominfo dan Persandian dalam paparannya menjelaskan mekanisme kerja Tim majalah Tabea, dimulai dari perencanaan hingga distribusi majalah Tabea. (DiskominfoAmbon)

Lanal Saumlaki Gelar Karya Bhakti di Desa Matakus

Posted: 20 Nov 2018 07:29 PM PST

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Kedatangan prajurit Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki dengan  rombongan di desa binaan yaitu Desa Matakus, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku disambut hangat oleh masyarakat desa tersebut pada Selasa (20/11).

Lanal Saumlaki Gelar Karya Bhakti di Desa Matakus
Danlanal Saumlaki saat memberikan amanat pada pembukaan karya bhakti di Matakus / ISTIMEWA
Kedatangan prajurit Lanal Saumlaki memiliki  maksud mewujudkan mental juang yang baik di masyarakat desa matakus, sehingga memiliki rasa nasionalisme, berwawasan kebangsaan dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiatan karya bhakti ini merupakan program kerja yang dilaksanakan oleh TNI dalam hal ini TNI AL per 6 bulan setiap tahunnya yang meliputi wilayah kerja TNI AL dari satuan yang paling besar hingga setingkat pangkalan TNI AL seperti halnya yang dilaksanakan Lanal saumlaki, program ini  meliputi kegiatan fisik dan kegiatan non fisik.

Amanat yang disampaikan Komandan Lanal (Danlanal) Saumlaki Letkol Laut (P) Hartanto, M.Tr. Han di dalam  upacara pembukaan kegiatan karya bakti mengharapkan agar warga desa dapat selalu bersinergi dalam meningkatkan peran kemanunggalan TNI dan rakyat.

" Dengan hadirnya di desa binaan Lanal Saumlaki saya berharap bisa memberikan dampak positif dan memepererat hubungan seluruh prajurit Lanal Saumlaki dengan masyarakat di kabupaten kepulauan tanimbar guna memperkokoh kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Semoga tuhan selalu menyertai dan memberkati kita dalam setiap upaya untuk membangun kabupaten maluku tenggara barat yang cerdas sehat berwibawa dan mandiri," kata dia.

Kegiatan karya bakti di Desa Matakus dipimpin olah Pgs Paspotmar Lanal Saumlaki Lettu Laut (E) M. Amir Mahmud, S.S.T.Han dengan membawai 28 prajurit lanal Saumlaki dan 17 Siswa Saka Bahari binaan Lanal Saumlaki, di desa tersebut Pgs  Paspotmar beserta pasukan mendatangi SD dan SMP desa matakus untuk merenovasi  kembali SD dan SMP matakus  sehingga siswa siswi sekolah tersebut mendapatkan suasana  yang layak dan nyaman dalam menerima proses pengajaran dari para bapak dan ibu guru.

Lanal Saumlaki Gelar Karya Bhakti di Desa Matakus
Di samping kegiatan renovasi sekolah, ibu-ibu Jalasenastri Lanal Saumlaki  yang dipimpin oleh ketua pengurus cabang Jalasenastri III korcab IX DJAT By. Any Setyawati Hartanto, turut serta  mewarnai kegiatan tersebut dengan memberikan wawasan bela negara kepada  anak anak SD dan SMP desa matakus dan pengobatan massal di desa tersebut.

Tujuan dua kegiatan ini gunamenyiapkan mental anak anak dan masyarakat matakus menjadi anak anak masa yang siap terjun untuk bersaing dimasa mendatang untuk kepentingan negara Indonesia sehingga negara Indonesia bisa bersaing dengan negara lain untuk kepentingan masyaratnya.

Dalam rangkaian giat karya bakti yang berlangsung di  desa matakus kegiatan tersebut di akhiri dengan penyerahan hasil pekerjaan renovasi sekolah kepada bapak ibu guru perwakilan dan penyerahan bahan kontak berupa sembako yang diserahkan secara simbolis kepada salah satu Kaur Pemerintahan Desa Matakus, Gotlif Slarmanat sebagai perwakilan dari kepala desa matakus pada upacara penutupan. (LanalSaumlaki)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel